Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Apakah perbedaan sanksi kebiasaan dan adat istiadat?

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  untuk Kelas 7 halaman 61 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket PPKN Uji Kompetensi 2 Halaman 61  Buku siswa untuk Semester 2 (Genap) Kelas VII SMP/MTs. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 2 Norma dan Keadilan ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas K13 Edisi Revisi 2017 (Kurikulum 2013). Kunci Jawaban Uji Kompetensi 2.1 Halaman 61 IPA Kelas 7
 
Apakah perbedaan sanksi kebiasaan dan adat istiadat?

Apakah perbedaan sanksi kebiasaan dan adat istiadat?
Jawaban :

Perbedaan sanksi kebiasaan dan adat istiadat adalah:

  1. Sanksi kebiasaan tidak mengikat dan berlaku masyarakat secara umum, sedangkan adat sanksi adat istiadat bersifat mengikat dan hanya berlaku bagi sekelompok orang yang memahami adat tertentu saja
  2. Sanksi kebiasaan tidak tertulis, sedangkan sanksi adat istiadat bersifat tertulis secara rinci dan ada juga ynag tidak tertulis.
  3. Sanksi kebiasaan memiliki beban hukuman yang ringan, sedangkan sanksi adat istiadat hukumnya lebih berat.
  4. Sanksi kebiasan dapat berubah sesuai dengan perkembangan zaman, sedangkan sanksi adat istiadat bersifat kaku dan tidak dapat diubah - ubah.
  5. Sanksi kebiasaan hanya bersifat mendidik dan menegur, sedangkan sanksi adat istiadat menegur atau menghukum dengan lebih keras


Pembahasan :

Sanksi adalah hukuman yang diberikan kepada seseorang yang melanggar hukum tertentu. Sanksi dapat diberikan susai dengan jenis pelanggarannya.

  • Kebiasaan adalah suatu perbuatan atau tidakan yang dilakukan secara berulang ulang dalam peristiwa dan kejadian yang sama sehingga diakui oleh masyarakat.
  • Adat istiadat adalah kebiasaan dan aturan yang dianggap baik dalam masyarakat yang telah terjadi selama turun temurun.