Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Bagaimana bentuk keberagaman masyarakat Indonesia?

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas 9 halaman 120 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket PPKN Uji Kompetensi Bab 4 Halaman 120 Buku siswa untuk Semester 2 (Genap) Kelas IX SMP/MTs. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 4 Keberagaman Masyarakat Indonesia dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas K13 Edisi Revisi 2017 (Kurikulum 2013). Kunci Jawaban Uji Kompetensi Bab 4 Halaman 120 IPA Kelas 9
 
Bagaimana bentuk keberagaman masyarakat Indonesia?

Bagaimana bentuk keberagaman masyarakat Indonesia?
Jawaban :
Bentuk keberagaman masyarakat di Indonesia adalah mencakup keberagaman agama atau kepercayaan, keberagaman suku, keberagaman ras, keberagaman adat dan istiadat, keberagaman bahasa dan lain sebagainya.



Pembahasan :

Indonesia adalah salah satu negara dengan keberagaan yang tinggi. Indonesia dihuni beragam suku berikut budaya yang berbeda-beda dan khas masing-masing daerah. Keberagaman budaya ini mencakup pula adat istiadat, bahasa daerah yang digunakan hingga kuliner dan kerajinan. Tidak berhenti sampai di situ, keberagaman masyarakat di Indonesia juga mencakup kepercayaan atau agama.

Keberagaman ini apabila dipandang negatif bisa menjadi biang perpecahan bagi bangsa Indonesia sebab dianggap sebagai pemisah dan pembeda. Namun apabila dipandang positif maka keberagaman tersebut sesungguhnya adalah kekayaan dan kekuatan tersendiri bagi bangsa Indonesia.