Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Bagaimana masyarakat terdidik dan peduli terhadap bangsa dapat memer- dekakan Indonesia?

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas 8 halaman 93 - 94 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket PPKN Uji Kompetensi 4 Halaman 93 - 94 Buku siswa untuk Semester 2 (Genap) Kelas VIII SMP/MTs. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 4 Semangat Kebangkitan Nasional Tahun 1908 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas K13 Edisi Revisi 2017 (Kurikulum 2013). Kunci Jawaban Uji Kompetensi 4 Halaman 93 - 94 IPA Kelas 8
 
Bagaimana masyarakat terdidik dan peduli terhadap bangsa dapat memer- dekakan Indonesia?

Bagaimana masyarakat terdidik dan peduli terhadap bangsa dapat memer- dekakan Indonesia?
Jawaban :
Masyarakat terdidik dan peduli terhadap bangsa dapat memerdekakan Indonesia karena masyarakat terdidik akan selalu berkembang menggunakan pikiran dengan berbagai upaya tindakan nyata berupa strategi untuk melakukan perubahan bangsa Indonesia merdeka, pada masyarakat peduli sajalah yang akan melakukan tindakan nyata untuk merdeka.



Pembahasan :
Masyarakat terdidik Indonesia mulai muncul ketika kebijakan balas budi Belanda dimulai, kebijakan tersebut membuat Indonesia mendapatkan pendidikan. Pada nyatanya sekolah yang dibuat oleh Belanda bisa dibilang tidak adil kepada rakyat Indonesia, hal tersebut dapat terjadi karena adanya sistem yang membuat rakyat miskin hanya bisa sekolah sampai SD sedangkan pribumi yang kaya dan dari golongan tertentu boleh melanjutkan sekolah sampai kuliah.

Serta ada sekolah-sekolah khusus untuk bangsa Eropa atau Belanda, maka dari hal tersebut banyak masyarakat Indonesia kesusahan meningkatkan pendidkannya.