Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Bagaimana pendapatmu tentang komitmen NKRI harga mati ditinjau dari sejarah lahirnya bangsa Indonesia?

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas 8 halaman 147 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket PPKN Uji Kompetensi 6 Halaman 147 Buku siswa untuk Semester 2 (Genap) Kelas VIII SMP/MTs. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 6 Memperkuat Komitmen Kebangsaan ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas K13 Edisi Revisi 2017 (Kurikulum 2013). Kunci Jawaban Uji Kompetensi 6 Halaman 147 IPA Kelas 8
 
Bagaimana pendapatmu tentang komitmen NKRI harga mati ditinjau dari sejarah lahirnya bangsa Indonesia?

Bagaimana pendapatmu tentang komitmen NKRI harga mati ditinjau dari sejarah lahirnya bangsa Indonesia?
Jawaban :
Ditinjau dari sejarah lahirnya bangsa Indonesia, komitmen NKRI harga mati merupakan satu hal yang wajib dihargai untuk mengingat pengorbanan para pejuang. Mengganti NKRI maupun ideologinya dengan yang lain sama saja dengan membubarkannya atau tidak menghargai perjuangan pahlawan.


Pembahasan :

NKRI atau Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan negara yang menganut asas atau prinsip yaitu pancasila yang berbunyi :Ketuhanan yang Maha Esa.Kemanusiaan yang Adil dan Beradab.Persatuan Indonesia.Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.Pada sila ketiga merupakan sila yang penting bagi perdamaian karena apabila kita tidak bersatu maka kita akan hancur dan roboh.

Persatuan Indonesia Sila ini memiliki makna bahwa persatuan Indonesia adalah hal yang penting dan harus selalu kita jaga, kita juga harus mendahulukan persatuan dan kesatuan Indonesia sebagai kepentingan umum dibanding kepentingan pribadi kita. Dan juga, dalam mempertahankan persatuan Indonesia, kita juga harus memiliki sikap patriotisme dan nasionalisme.