Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Bagaimana proses penyusunan teks Proklamasi Kemerdekaan?

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas 7 halaman 167 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket PPKN Uji Kompetensi 6 Halaman167 Buku siswa untuk Semester 2 (Genap) Kelas VII SMP/MTs. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 6 Daerah dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas K13 Edisi Revisi 2017 (Kurikulum 2013). Kunci Jawaban Uji Kompetensi 6.1 Halaman 167 IPA Kelas 7
 
Bagaimana proses penyusunan teks Proklamasi Kemerdekaan?

Bagaimana proses penyusunan teks Proklamasi Kemerdekaan?
Jawaban :
Proses penyusunan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia berlangsung di kediaman pribadi Laksamana Maeda dan terjadi pada diri hari tanggal 17 Agustus 1945. Teks sendiri disusun oleh golongan tua yang diwakili oleh Ir. Soekarno, Hatta dan Ahmad Soebardjo. Penyusunan teks ini turut pula dihadiri oleh golongan muda yang diwakili sejumlah tokoh seperti Sayuti Melik, Soediro, Sukarni dan lain sebagainya. Teks yang selesai digagas kemudian diketik oleh Sayuti Melik.

 

Pembahasan :

Penyusunan teks proklamasi kemerdekaan dilaksanakan di kediaman Laksamana Muda Takashi Maeda yang berlokasi di Jl. Imam Bonjol No. 1, Jakarta. Dipilihnya rumah Laksamana Maeda karena tempat tersebut merupakan tempat yang paling aman dari ancaman pemerintah militer Jepang.

Perumusan dan penyusunan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia dilakukan oleh Ir. Soekarno, Mohammad Hatta, dan salah satu perwakilan golongan muda Ahmad Soebardjo. Peristiwa itu disaksikan oleh Soekarni, B.M. Dian, Sudiro, dan Sayuti Melik. Tokoh-tokoh tua dan golongan muda lainnya menunggu di serambi depan. Ir. Soekarno menuliskan konsep teks proklamasi kemerdekaan pada secarik kertas, sementara Mohammad Hatta dan Ahmad Soebardjo menyumbang pikiran secara lisan.

Konsep proklamasi kemerdekaan terdiri dari dua kalimat, yaitu:

  • Kalimat pertama merupakan pernyataan kemauan bangsa Indonesia untuk menentukan nasibnya sendiri.
  • Kalimat kedua merupakan pernyataan mengenai pengalihan kekuasaan.

Setelah konsep teks proklamasi selesai dirumuskan, Ir. Soekarno membacakan konsep teks proklamasi kemerdekaan di hadapan hadirin yang hadir saat itu. Atas usulan Soekarni, teks proklamasi ditandatangani oleh Soekarno-Hatta, atas nama bangsa Indonesia. Kemudian konsep tersebut diketik oleh Sayuti Melik