Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Bagaimana proses terbentuknya norma dalam masyarakat?

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  untuk Kelas 7 halaman 61 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket PPKN Uji Kompetensi 2 Halaman 61  Buku siswa untuk Semester 2 (Genap) Kelas VII SMP/MTs. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 2 Norma dan Keadilan ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas K13 Edisi Revisi 2017 (Kurikulum 2013). Kunci Jawaban Uji Kompetensi 2.1 Halaman 61 IPA Kelas 7
 
Bagaimana proses terbentuknya norma dalam masyarakat?

Bagaimana proses terbentuknya norma dalam masyarakat?
Jawaban :
Proses terbentuknya norma dalam masyarakat di awali dari manusia sendiri sebagai makhluk sosial yang membutuhkan orang lain karena tidak dapat hidup sendiri. Oleh karena hal tersebut maka terjalin lah komunikasi dan membentuk sebuah interaksi sosial, yang mana biasanya juga akan timbul sebuah perselisihan antar anggota dalam kelompok masyarakat. maka dari itu untuk mencegah perselisihan dan perbedaan kepentingan tersebut maka dibuatlah aturan atau norma.


Pembahasan :

Norma sendiri dapat kita maknai sebagai suatu aturan yang tidak tertulis di dalam masyarakat, yang mana dia tidak akan lepas dari kehidupan manusia. Norma sendiri dapat kita bagi dalam beberapa jenis, yang mana di antaranya ialah:

  • Norma kesusilaan.
  • Norma hukum.
  • Norma kesopanan.
  • Norma agama.