Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Bagaimana teknik pemurnian air secara sederhana? Buatlah skema alatnya dan beri penjelasan!

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Ilmu Pengerahuan Alam untuk Kelas 9 halaman 245 - 247 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPA Uji Kompetensi Halaman 245 - 247 Buku siswa untuk Semester 2 (Genap) Kelas IX SMP/MTs. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 10 Teknologi Ramah Lingkungann ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas K13 Edisi Revisi 2017 (Kurikulum 2013). Kunci Jawaban Uji Kompetensi Halaman 247 IPA Kelas 9 
 
Bagaimana teknik pemurnian air secara sederhana? Buatlah skema alatnya dan beri penjelasan!

Bagaimana teknik pemurnian air secara sederhana? Buatlah skema alatnya dan beri penjelasan!
Jawaban :
Teknik pemurnian air sederhana dengan penyaringan bertingkat. Skema alatnya berupa botol (wadah) diisi dengan ijuk, pasir, kerikil dan arang (susunan dari bawah). Air kotor dimasukkan dari atas kemudian air bersih keluar dari mulut botol. Kegiatan tersebut merupakan ilustrasi proses pembentukan air tanah di alam.


Pembahasan:

Air merupakan kebutuhan pokok yang sangat dibutuhkan makhluk hidup untuk bertahan hidup. Air tidak dapat habis karena air mengalami siklus atau daur. Air di dalam ekosistem sebagai komponen abiotik yang memiliki peran penting untuk keberlangsungan ekosistem.

Daur air atau siklus hidrologi artinya adalah sirkulasi air dari atmosfer menuju bumi kemudian kembali lagi ke atmosfer. Dalam siklus air, terdapat tahapan yang harus dilalui yaitu evaporasi, transpirasi, kondensasi, presipitasi dan infiltrasi.

bumi adalah planet yang permukaannya terdiri dari perairan dan daratan, dimana perairan jauh lebih banyak dan luas dibandingkan daratan. Sumber air di muka bumi bermacam-macam, antara lain sungai, danau, samudra dan air tanah.