Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Bagaimana upaya agar keberagaman di Indonesia tidak menimbulkan perpecahan bangsa?

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas 7 halaman 113 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket PPKN Uji Kompetensi 4 Halaman 113 Buku siswa untuk Semester 2 (Genap) Kelas VII SMP/MTs. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 4 Keberagaman Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas K13 Edisi Revisi 2017 (Kurikulum 2013). Kunci Jawaban Uji Kompetensi 4.2 Halaman 113 IPA Kelas 7
 
Bagaimana upaya agar keberagaman di Indonesia tidak menimbulkan perpecahan bangsa?

Bagaimana upaya agar keberagaman di Indonesia tidak menimbulkan perpecahan bangsa?
Jawaban :
Upaya agar keberagaman di Indonesia tidak menimbulkan perpecahan adalah dengan MEMPERKUAT PERSATUAN DAN KESATUAN di tengah-tengah masyarakat. Persatuan dan kesatuan ini bisa diperkuat dengan cara mengedepankan TOLERANSI, TENGGANG RASA, SIKAP SALING MENGASIHI, TOLONG-MENOLONG, BEREMPATI dan lain sebagainya.

 

Pembahasan :

Jalan untuk menghindari timbulnya perpecahan bangsa karena adanya keberagaman adalah dengan memperkuat rasa persatuan dan kesatuan, dengan cara-cara berikut:

  • Bertoleransi dengan menghargai segala perbedaan yang ada, menerimanya sebagai salah satu ketetapan Tuhan YME dan menjalankannya dengan penuh penghormatan terhadap perbedaan tersebut termasuk perbedaan agama, etnis, suku, bahasa dan lain-lain.
  • Memupuk kebersamaan sehingga terjalin hubungan emosional yang kuat dengan cara bekerja bakti, musyawarah, tolong menolong, saling mengasihi dan lain-lain.
  • Menghargai ha-hak orang lain, mengedepankan kepentingan umum, dan menjalankan semua kewajiban diri dengan baik juga adalah cara yang bisa ditempuh untuk bisa terhindar dari perpecahan karena keberagaman.
  • Tidak diskriminatif, atau membeda-bedakan perlakuan pada mereka yang berbeda agama, suku, bahasa, pendapat dan lain sebagainya. Semua mendapat perlakuan yang sama secara adil.
  • Tidak merendahkan orang lain yang berbeda agama, suku, bahasa dan lainnya dan meninggikan diri sendiri.
  • Apabila muncul masalah atas segala keberagaman yang ada maka diselesaikan dengan musyawarah demi kebaikan bersama.

Dan lain sebainya.