Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Berikan 3 (tiga) contoh perwujudan kerja sama dalam lingkungan berbangsa dan bernegara!

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas 7 halaman 134 - 135 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket PPKN Uji Kompetensi 5 Halaman 134 - 135 Buku siswa untuk Semester 2 (Genap) Kelas VII SMP/MTs. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 5 Kerjasama dalam Berbagai Bidang Kehidupan ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas K13 Edisi Revisi 2017 (Kurikulum 2013). Kunci Jawaban Uji Kompetensi 5.1 Halaman 135 IPA Kelas 7
 
Berikan 3 (tiga) contoh perwujudan kerja sama dalam lingkungan berbangsa dan bernegara!

Berikan 3 (tiga) contoh perwujudan kerja sama dalam lingkungan berbangsa dan bernegara!
Jawaban :

Dalam lingkungan berbangsa dan bernegara, berikut adalah contoh dari perwujudan kerja sama yang bisa dilakukan:

  • Mengikuti pemilihan umum yang digelar oleh pemerintah untuk memilih wakil rakyat.
  • Melakukan kontrol dan menjadi masyarakat yang kritis terhadap pembuatan kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah.
  • Mengikuti program-program yang dijalankan oleh pemerintah yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat, seperti prorgram vaksinasi.
 

Pembahasan :

Kerja sama adalah kegiatan pencapaian suatu tujuan bersama yang dilakukan secara bersama-sama. Pada dasarnya, kegiatan kerja sama adalah kegiatan yang sangat bermanfaat karena kita bisa mencapai suatu tujuan dengan waktu yang lebih cepat dan juga bisa menghemat tenaga yang harus dikeluarkan. Salah satu bentuk kerja sama yang harus dijalin dalam suatu negara adalah kerja sama antara masyarakat dengan pemerintah. Kerja sama antara masyarakat dengan pemerintah ini harus dilakukan untuk bisa mewujudkan pembangunan nasional yang dilakukan oleh pemerintah dengan meluncurkan program-program. Salah satu bentuk nyata dari kerja sama antara masyarakat dengan pemerintah adalah pembayaran pajak yang dilakukan oleh masyarakat dan kemudian pemerintah akan menggunakan pajak tersebut untuk membangun infrastruktur yang akan digunakan untuk kepentingan masyarakat.