Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Berikut ini yang bukan merupakan struktur penyusun Bumi adalah ...

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Ilmu Pengerahuan Alam untuk Kelas 7 halaman 141 - 145 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPA Uji Kompetensi Halaman 141 - 145 Buku siswa untuk Semester 2 (Genap) Kelas VII SMP/MTs. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 5 Lapisan Bumi ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas K13 Edisi Revisi 2017 (Kurikulum 2013). Kunci Jawaban Uji Kompetensi Halaman 141 IPA Kelas 7
 
Berikut ini yang bukan merupakan struktur penyusun Bumi adalah ...

Berikut ini yang bukan merupakan struktur penyusun Bumi adalah ...

Berikut ini yang bukan merupakan struktur penyusun Bumi adalah ...
a. Litosfer
b. Atmosfer
c. Kromosfer
d. Hidrosfer
Jawaban :
    c. Kromosfer

  Pembahasan
LAPISAN ATMOSFER
A. Troposfer
Troposfer merupakan lapisan terbawah dari atmosfer,yaitu pada ketinggian 0 - 10 km dia atas permukaan bumi. Tebal lapisan troposfer rata rata ± 10 km. Di daerah khatulistiwa, ketinggian lapisan troposfer sekitar 16 km dengan temperatur rata rata 80° C. Di daerah sedang ketinggian lapisan troposfer sekitar 11 km dengan temperatur rata rata 54° C, Sedangkan di didaerah kutub ketinggiannya dengan temperatur rata rata 46° C.

B. Stratosfer
Stratosfer merupakan lapisan ke 2 atmosfere. Stratosfer terletak pada ketinggian antara 10 - 40 km dari permukaan bumi. Suhu dilapisan stratosfer yang paling bawah ( lapisan isotermis ) relatif stabil dan sangat dingin yaitu -70° F atau sekitar -57° C. Pada lapisan ini sebagai tempat terbangnya pesawat yang menggunakan mesin jet.

C. Mesosfer
Mesosfer merupakan lapisan ke 3. Mesosfer terletak pada ketinggian antara 40 - 70 km dari permukaan bumi. Mesosfer mempunyai lapisan ion atau udara yang bermuatan listrik yang disebut lapisan D yang terletak pada ketinggian 50 - 70 km diatas bumi. Hal ini disebabkan oleh adanya sinar ultra violet pada molekul molekul udara yang bertemu dengan elektron atau muatan listrik negatif

D. Termosfer
Termosfer merupakan lapisan terbawah ke 4. Termosfer terletak pada ketinggian antara 70 - 400 km diatas permukaan bumi. Lapisan diberi nama termosfer Karena terjadi kenaikan temperatur yang cukup tinggi, pada lapisan ini yaitu sekitar 1982° C.

E. Eksosfer
Eksosfer merupakan lapisan terluar. Eksosfer terletak pada ketinggian antara 400 km atau lebih dari permukaan bumi. Gas didaerah ini amat sangat tipis. Hidrogen merupakan unsur penyusun utama.