Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Berikut ini yang tidak termasuk alat ekskresi adalah .... A. hati B. kulit C. ginjal D. usus besar

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Ilmu Pengerahuan Alam untuk Kelas 8 halaman 110 - 112 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPA Uji Kompetensi Halaman 110 - 112 Buku siswa untuk Semester 2 (Genap) Kelas VIII SMP/MTs. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 9 Sistem Ekskresi Manusia ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas K13 Edisi Revisi 2017 (Kurikulum 2013). Kunci Jawaban Uji Kompetensi Halaman 110 IPA Kelas 8
 
Berikut ini yang tidak termasuk alat ekskresi adalah .... A. hati B. kulit C. ginjal D. usus besar

Berikut ini yang tidak termasuk alat ekskresi adalah ....
A. hati
B. kulit
C. ginjal
D. usus besar
Jawaban :
A. hati


Pembahasan
Yang dimaksud dengan Eksresi adalah proses di mana zat-zat yang merupakan sisa metabolisme dibuang keluar dari tubuh. Zat ini adalah zat yang dianggap tidak memiliki guna bagi tubuh dan justru menjadi racun apabila lama ada di dalam tubuh.

    Hati dikategorikan sebagai alat eksresi sebab organ ini bersama dengan ginjal memecah sejumlah senyawa yang sifatnya beracun. Hasil akhir dari proses pemecahan hati ini adalah urea, amonia dan lain sebagainya. Adapun kulit dikategorikan sebagai alat ekskresi sebab melalui organ ini tubuh mengeluarkan zat juga cairan yang tak lagi berguna bagi tubuh. Sedangkan Ginjal, disebut alat ekskresi sebab mengeluarkan sejumlah zat sisa melalui urin.
    Selain Hati, Ginjal dan Kulit, alat ekskresi manusia lainnya adalah organ paru-paru sebab mengeluarkan gas karbon dioksida yang adalah zat sisa dari proses pernapasan.