Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Biopori dapat dibuat di sekitar rumah kita. Jelaskan manfaat biopori bagi lingkungan!

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Ilmu Pengerahuan Alam untuk Kelas 9 halaman 245 - 247 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPA Uji Kompetensi Halaman 245 - 247 Buku siswa untuk Semester 2 (Genap) Kelas IX SMP/MTs. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 10 Teknologi Ramah Lingkungann ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas K13 Edisi Revisi 2017 (Kurikulum 2013). Kunci Jawaban Uji Kompetensi Halaman 246 IPA Kelas 9 
 
Biopori dapat dibuat di sekitar rumah kita. Jelaskan manfaat biopori bagi lingkungan!

Biopori dapat dibuat di sekitar rumah kita. Jelaskan manfaat biopori bagi lingkungan!
Jawaban :
Biopori dapat di buat di sekitar rumah kita. Manfaat biopori bagi lingkungan diantaranya adalah mengurangi sampah organik, menyuburkan tanah, mencegah terjadinya banjir dan lain sebagainya.


Pembahasan:iopori dapat di buat di sekitar rumah kita. Manfaat biopori bagi lingkungan diantaranya adalah mengurangi sampah organik, menyuburkan tanah, mencegah terjadinya banjir dan lain sebagainya. Lubang biopori adalah sebuah lubang berbentuk silinder kebawah tanah yang dibuat ke dalam tanah secara vertikal untuk sebagai meningkatkan kemampuan serapan tanah terhadap air yang akan menjadi genangan air. Cara kerja lubang biopori ini yaitu meningkatkan kemampuan serapan tanah pada air yang berada dipermukaan caranya adalah dengan menciptakan lubang ditanah lalu lubang diisi dengan sampah organik. Yang nantinya dapat menghasilkan kompos dan memberikan manfaat yang baik untuk serangga ditanah sekitar lubang bioporis tersebut. Imbas positifnya adalah membuat tanah lebih subur sebab terdapat banyak pori-pori ditanah yang menyebabkan meningkatnya daya serap air serta mencegah mengakibatkan banjir.

Manfaat Biopori antara lain:

1. Sebagai tempat pembuangan sampah organik. Dengan membuat lubang biopori, kita dapat membuang sampah organik kedalam lubang sehingga akan bermanfaat juga untuk tanah dan dijadikan kompos.

2. Dengan dijadikannya tempat pembuangan sampah organik maka nantinya akan membuat tanah disekitarnya menjadi subur.

3. Mencegah banjir dikarenakan apabila hujan lebat biopori bisa membuat air dengan mudah masuk kedalam tanah, dan juga sampah organik yang berada didalam lubang bisa menjadi makananan dari cacing tanah. Cacing tanah yang berada dalam lubang biopori akan membentuk terowongan kecil disekitar dalam tanah ketika menuju kelubang berisi sampah organik dan membuat air lebih cepat masuk ke dalam tanah.

4. Meningkatkan jumlah kadar air dalam tanah. Akibat dari cacing-cacing yang membuat terowongan-terowongan kecil bisa meningkatkan luas dari permukaan tanah, hal akan membuat kemampuan tanah untuk menampung air bertambah. Resapan lubang biopori ini bisa menambah luas wilayah  resapan menjadi 40kali lipat.

5. Dan masih banyak lagi

Jadi dari pembahasan di atas bahwa banyak manfaat lubang biopori diantaranya mengurangi sampah organik, menyuburkan tanah, mencegah terjadinya banjir dan meningkatkan kadar air dalam tanah.