Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Dampak apakah yang ditimbulkan dari penggunaan AC dan lemari es?

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Ilmu Pengerahuan Alam untuk Kelas 7 halaman 81, 82 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPA Uji Kompetensi Halaman 81, 82 Buku siswa untuk Semester 2 (Genap) Kelas VII SMP/MTs. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 4 Pemanasan Global ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas K13 Edisi Revisi 2017 (Kurikulum 2013). Kunci Jawaban Uji Kompetensi Halaman  82  IPA Kelas 7
 
Dampak apakah yang ditimbulkan dari penggunaan AC dan lemari es?

Dampak apakah yang ditimbulkan dari penggunaan AC dan lemari es?

Dampak apakah yang ditimbulkan dari penggunaan AC dan lemari es?
Jawaban :
Dampak yang ditimbulkan dari penggunaan AC dan lemari es adalah kebocoran gas freon yang dapat menimbulkan bolongnya lapisan ozon dan alat-alat yang rusak dapat menambah tumpukan sampah. Bila lapisan ozon berlubang dapat menimbulkan pemanasan global dan masuknya sinar ultraviolet yang tidak tersaring.


Pembahasan

DI era teknologi maju semua keperluan dan kebutuhan kita ditunjang dengan berbagai alat elektronik untuk membantu pekerjaan dan membuat nyaman keadaan kita.

Indonesia pun tidak ketinggalan. Dengan iklim tropis yang membuat keadaan cukup panas, membuat manusia mulai bergantung pada pendingin ruangan atau AC atau Air Conditioning dari pada kipas angin.

Penggunaan kulkas atau lemari pendingin atau lemari es seperti menjadi barang utama di setiap rumah tangga.

Lemari es dan pendingin ruangan memiliki sistem kerja yang hampir sama, yaitu mengambil udara panas di dalam ruangan dan di ganti dengan udara yang lebih rendah suhunya. Hal yang berbeda adalah ruangan lemari pendingin lebih kecil.

Lemari es dan pendingin ruangan sama-sama menggunakan senyawa freon atau chloro fluoro carbon (CFC) yang berfungsi untuk mendinginkan udara.

Senyawa CFC ini cukup berbahaya karena jika terlepas di udara akan berikatan dengan senyawa ozon sehingga lapisan ozon menjadi berlubang. Hal ini dapat menimbulkan pemanasan global dan masuknya sinar ultraviolet secara langsung.
Sinar ultraviolet memang dapat menambah imunitas tubuh, tapi jika sinar masuk tanpa disaring oleh ozon, dapat menimbulkan penyakit kanker kulit.

Dampak lain yang dapat ditimbulkan dari penggunaan lemari es dan pendingin ruangan adalah alat-alat yang sudah rusak menjadi sampah besar yang sulit untuk di daur ulang. Alat-alat yang rusak akan menambah tinggi tumpukan sampah dan menimbulkan masalah lingkungan.