Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Dapatkah kalian gambarkan semangat para pendiri negara dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia?

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas 8 halaman 147 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket PPKN Uji Kompetensi 6 Halaman 147 Buku siswa untuk Semester 2 (Genap) Kelas VIII SMP/MTs. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 6 Memperkuat Komitmen Kebangsaan ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas K13 Edisi Revisi 2017 (Kurikulum 2013). Kunci Jawaban Uji Kompetensi 6 Halaman 147 IPA Kelas 8
 
Dapatkah kalian gambarkan semangat para pendiri negara dalam memper- juangkan kemerdekaan Indonesia?

Dapatkah kalian gambarkan semangat para pendiri negara dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia?
Jawaban :

Para pendiri bangsa yang ikut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia mencerminkan nilai nilai pancasila. Semangat dari para pendiri negara tersebut dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia:

  • Rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara Indonesia
  • Mendahulukan urusan bangsa daripada urusan pribadi atau individu.
  • Saling bekerja sama dan memiliki jiwa pantang menyerah dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa dan negara Indonesia.
  • Menomor satukan semangat rasa persatuan, kesatuan, dan nasionalisme yang tinggi.
  • Adanya rasa memiliki yaitu cinta tanah air terhadap bangsa Indonesia.
  • Selalu bersemangat dalam berjuang melawan penjajah di bumi Indonesia.
  • Mendukung dan ikut berupaya secara aktif dalam mencapai cita-cita bangsa.
  • Berjiwa nasionalisme yang tinggi.


Pembahasan :

Kemerdekaan yang sudah bisa kita nikmati saat ini dan dimiliki oleh bangsa kita itu semua bisa diraih bangsa Indonesia dikarenakan tumbuhnya rasa semangat para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan. Semangat yang dipunyai oleh para pahlawan tersebut merupakan salah satu bukti nyata cinta terhadap tanah air, bangsa dan negara Indonesia.

Bukti cinta yang dilandasi dengan jiwa nasionalisme yang tinggi dan semangat kebangsaan yang diwujudkan dengan pengorbanan jiwa dan raga oleh segenap rakyat untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan dari tangan penjajah. Semangat kebangsaan yang dimiliki oleh para pahlawan tersebut disebut sebagai rasa nasionalisme dan patriotisme.