Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Intan dan grafit merupakan zat yang sama-sama tersusun atas atom karbon. Jelaskan apa perbedaan antara intan dan grafit beserta penyebabnya!

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Ilmu Pengerahuan Alam untuk Kelas 9 halaman 150 - 152 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPA Uji Kompetensi Halaman 150 - 152 Buku siswa untuk Semester 2 (Genap) Kelas IX SMP/MTs. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 8 Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidupini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas K13 Edisi Revisi 2017 (Kurikulum 2013). Kunci Jawaban Uji Kompetensi Halaman 152 IPA Kelas 9
 
Intan dan grafit merupakan zat yang sama-sama tersusun atas atom karbon. Jelaskan apa perbedaan antara intan dan grafit beserta penyebabnya!

Intan dan grafit merupakan zat yang sama-sama tersusun atas atom karbon. Jelaskan apa perbedaan antara intan dan grafit beserta penyebabnya!
Jawaban :
intan dan grafit merupakan zat yang sama sama tersusun atas atom karbon.  Namun keduanya memiliki susunan atom yang berbeda. Intan merupakan atom karbon yang memiliki susunan yang sangat teratur (kristalin) berbentuk tetrahedral memiliki kekrasan yang tinggi dan bersifat isolator. Sedangkan grafit memiliki susunan atom karbon yang tidak teratur (amorf) dan bersifat konduktor.

Pembahasan:

Atom-atom dalam suatu senyawa atau unsur akan menyusun diri sehingga membentuk suatu susunan yang memiliki keteraturan tinggi disebut sebagai kristal. sedangkan susunan atom yang tidak teratur disebut sebagai amorf. Berikut ini adalah beberapa contoh bentuk-bentuk susunan atom dalam kristal:

Face centered cubic (FCC)

Struktur FCC mempunyai sebuah atom pada pusat semua sisi kubus dan sebuah atom pada setiap titik sudut kubus. Beberapa logam yang memiliki struktur kristal FCC yaitu tembaga (Cu), aluminium (Al), perak (Ag), dan emas (Au). Sel satuan FCC mempunyai 4 buah atom, yang diperoleh dari jumlah delapan seperdelapan-atom pada delapan titik sudutnya plus enam setengah-atom pada enam sisi kubusnya (8 1/8  + 6 1/2). Atom-atom atau inti ion bersentuhan satu sama lain sepanjang diagonal sisi. Hubungan panjang sisi kristal FCC, a, dengan jari-jari atomnya, r, ditunjukkan oleh persamaan berikut:

a = 2r√2

Body centered cubic (BCC)

Logam–logam dengan struktur BCC mempunyai sebuah atom pada pusat kubus dan sebuah atom pada setiap titik sudut kubus.

Sel satuan BCC mempunyai 2 buah atom, yang diperoleh dari jumlah delapan seperdelapan atom pada delapan titik sudutnya plus satu atom pada pusat kubus (8 1/8 + 1).  Atom-atom atau inti ion bersentuhan satu sama lain sepanjang diagonal ruang. Hubungan panjang sisi kristal BCC, a, dengan jari-jari atomnya, r, diberikan sebagai berikut:

a=4r/√3

Hexagonal closed packed (HCP)

Ciri khas logam–logam dengan struktur HCP adalah setiap atom dalam lapisan tertentu terletak tepat diatas atau dibawah sela antara tiga atom pada lapisan berikutnya.

Sel satuan HCP mempunyai 6 buah atom, yang diperoleh dari jumlah dua-belas seperenam-atom pada dua belas titik sudut lapisan atas dan bawah plus dua setengah-atom pada pusat lapisan atas dan bawah plus tiga atom pada lapisan sela/tengah (12 1/6 + 2  1/2 + 3).