Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Iodin (I) merupakan salah satu zat penyusun tubuh manusia. Jelaskan apa fungsi zat tersebut bagi tubuh dan dampak yang terjadi jika tubuh kekurangan iodin!

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Ilmu Pengerahuan Alam untuk Kelas 9 halaman 150 - 152 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPA Uji Kompetensi Halaman 150 - 152 Buku siswa untuk Semester 2 (Genap) Kelas IX SMP/MTs. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 8 Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidupini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas K13 Edisi Revisi 2017 (Kurikulum 2013). Kunci Jawaban Uji Kompetensi Halaman 152 IPA Kelas 9
 
Iodin (I) merupakan salah satu zat penyusun tubuh manusia. Jelaskan apa fungsi zat tersebut bagi tubuh dan dampak yang terjadi jika tubuh kekurangan iodin!

Iodin (I) merupakan salah satu zat penyusun tubuh manusia. Jelaskan apa fungsi zat tersebut bagi tubuh dan dampak yang terjadi jika tubuh kekurangan iodin!
Jawaban :
Iodin (I) merupakan salah satu zat penyusun tubuh manusia. Fungsi zat iodine bagi tubuh adalah pembentukan hormone tiroksin oleh kelenjar tiroid, pembentukan enzim-enzim, penyembuhan luka dan mengatur metabolism. Dampak yang terjadi jika tubuh kekurangan iodine adalah penyakit gondok, pertumbuhan terlambat serta luka sulit sembuh.



Pembahasan:

Iodine merupakan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang kecil atau disebut sebagai mikroelemen. Unsur-unsur mikroelemen, antara lain besi, yodium, tembaga, fluor, mangan, kobalt, kromium, dan selenium.

Makroelemen merupakan mineral yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah banyak. Unsur-unsur makroelemen, antara lain kalsium, natrium, magnesium, kalium, fosfor, klor, dan belerang.

Fungsi zat iodine bagi tubuh antara lain:

  1. pembentukan hormone tiroksin oleh kelenjar tiroid
  2. pembentukan enzim-enzim
  3. penyembuhan luka
  4. mengatur metabolism

Dampak yang terjadi jika tubuh kekurangan iodine antara lain:

  1. penyakit gondok
  2. pertumbuhan terlambat
  3. luka sulit sembuh.

Untuk dapat memahami berbagai zat makanan pada system pencernaan kita, maka kita simak uraian singkat mengenai zat makanan serta organ pencernaan pada tubuh manusia berikut ini.

Makhluk hidup memerlukan makanan sebagai sumber nutrisi untuk menjalankan aktivitas hidupnya.

Secara umum, kita dapat membagi makanan menjadi 2 golongan yaitu:

  1. Makronutrien
  2. Mikronutrien

Makronutrien merupakan zat makanan yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah besar yaitu:

  1. Karbohidrat
  2. Lemak
  3. Protein

Mikronutrien merupakan zat makanan yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang sedikit yaitu:

  1. Mineral
  2. Vitamin
  3. Air

Dalam pola makan kita sehari-hari diperlukan sejumlah makronutien serta mikronutrien dalam jumlah yang seimbang, sehingga menu makanan kita harus mencakup menu 4 bintang meliputi:

  1. Karbohidrat seperti nasi, kentang, singkong, gandum dan lain sebagainya.
  2. Lemak seperti daging, jeroan ayam dan lain sebagainya.
  3. Protein, berupa protein nabati dan atau protein hewani.
  4. Serat, berupa sayur dan buah yang mengandung mineral, vitamin dan air.

Jika kekurangan salah satu unsur nutrisi maka tubuh akan mengalami gangguan, begitu pula jika kelebihan salah satu unsur nutrisi maka tubuh juga akan mengalami gangguan.