Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Ion nitrat adalah salah satu ion yang dibutuhkan oleh tumbuhan. Berikut ini adalah data kandungan ion nitrat di dua daerah yang berbeda: Berdasarkan data tersebut. Mengapa pada daerah yang pohonnya banyak ditebang jumlah nitrat dalam tanah lebih tinggi?

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Ilmu Pengerahuan Alam untuk Kelas 9 halaman 196 - 200 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPA Uji Kompetensi Halaman 196 - 200 Buku siswa untuk Semester 2 (Genap) Kelas IX SMP/MTs. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 9 Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas K13 Edisi Revisi 2017 (Kurikulum 2013). Kunci Jawaban Uji Kompetensi Halaman 200 IPA Kelas 9 

Ion nitrat adalah salah satu ion yang dibutuhkan oleh tumbuhan. Berikut ini adalah data kandungan ion nitrat di dua daerah yang berbeda: Berdasarkan data tersebut. Mengapa pada daerah yang pohonnya banyak ditebang jumlah nitrat dalam tanah lebih tinggi?

Ion nitrat adalah salah satu ion yang dibutuhkan oleh tumbuhan. Berikut ini adalah data kandungan ion nitrat di dua daerah yang berbeda:

Berdasarkan data tersebut. Mengapa pada daerah yang pohonnya banyak ditebang jumlah nitrat dalam tanah lebih tinggi?
Jawaban :
Ion nitrat adalah salah satu ion yang dibutuhkan oleh tumbuhan. Pada daerah yang pohonnya banyak ditebang jumlah nitrat dalam tanah lebih tinggi ketimbang di daerah yang pohon banyak tumbuh karena tidak terdapat pohon ataupun tanaman yang menyerap nitrat itu sendiri.


Pembahasan:

Ion nitrat adalah salah satu ion yang dibutuhkan oleh tumbuhan. Pada daerah yang pohonnya banyak ditebang jumlah nitrat dalam tanah lebih tinggi ketimbang di daerah yang pohon banyak tumbuh karena tidak terdapat pohon ataupun tanaman yang menyerap nitrat itu sendiri. Nitrat bagi tumbuhan digunakan dalam proses fotosintesis sehingga pohon atau tanaman menyerap cukup banyak nitrat untuk asupan hidupnya. Hal ini berimbas jika pohon  hidup, kandungan nitrat di tanah cenderung sedikit karena terus menerus diserap oleh pohon.

Adapun setelah pohon-pohon ditebang, tidak lagi yang menyerap nitrat untuk kebutuhan hidupnya, sehingga jumlah nitrat di tanah yang tidak terdapat pohon ataupun tanamannya menjadi cenderung tinggi. Pun, apabila jumlah nitrat pada tanah berlebihan, maka nitrat dapat mencemari air tanah.

Nitrat (NO3) sendiri merupakan unsur alami yang merupakan gabungan dari Nitrogen (N) dan Oksigen (O). Nitrat sendiri dapat ditemukan hampir di semua tanaman ataupun sayuran dan tanah tempat mereka tumbuh.