Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jelaskan bahwa nilai demokrasi Pancasila lebih unggul jika dibandingkan dengan demokrasi lainnya!

 
Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas 10 halaman 75 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket PPKN Uji Kompetensi Bab 2 Halaman 75 Buku siswa untuk Semester 2 (Genap) Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 2 Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas K13 Edisi Revisi 2017 (Kurikulum 2013). Kunci Jawaban Uji Kompetensi Bab 2 Halaman 75 PPKN Kelas 11
 
Jelaskan bahwa nilai demokrasi Pancasila lebih unggul jika dibandingkan dengan demokrasi lainnya!

Jelaskan bahwa nilai demokrasi Pancasila lebih unggul jika dibandingkan dengan demokrasi lainnya!
Jawaban :
Nilai demokrasi pancasila lebih unggul jika dibandingkan dengan demokrasi karena demokrasi pancasila mengutamakan kepentingan dari masyarakat, negara, dan bangsa. Sedangkan demokrasi lainnya mengutamakan kepentingan demokrasinya sendiri sendiri.
 

Pembahasan :
Indonesia menganut demokrasi pancasila. Demokrasi pancasila merupakan suatu aturan yang memiliki landasan dari Pancasila. Demokrasi pancasila ini sudah dilaksanakan oleh negara Indonesia. Hal ini dikarenakan demokrasi tersebut sesuai untuk dilaksanakan oleh negara Indonesia. Dalam demokrasi pancasila terdapat nilai sosial dan budaya yang sudah ada didalam masyarakat. Demokrasi pancasila memiliki prinsip yaitu melakukan musyawarah untuk menyelesaiakan suatu masalah.

Demokrasi pancasila tidak mengenal dengan adanya tirani minoritas dan dominasi mayoritas. Dominasi mayoritas merupakan sebuah kelompok besar dengan mematuhi kehidupan dengan cara mengabaikan kelompok yang bersifat kecil. Sedangkan tirani minoritas merupakan sebuah kelompok kecil dengan mematuhi kehidupan dengan cara mengabaikan kelompok yang bersifat besar. Demokrasi pancasila selalu mengutamakan kepentingan rakyat, negara, dan bangsa. Kelompok minoritas dan mayoritas yang memiliki posisi yang sama dengan demokrasi pancasila.

Manfaat Demokrasi Pancasila

  • Sebagai penyampaian pendapat
  • Sebagai penghindar tirani
  • Sebagai kebijakan sosial
  • Sebagai kesejahteraan sosial
  • Sebagai tanggung jawab negara