Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jelaskan macam-macam konflik yang terjadi akibat keberagaman masyarakat dan berilah contohnya!

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas 9 halaman 120 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket PPKN Uji Kompetensi Bab 4 Halaman 120 Buku siswa untuk Semester 2 (Genap) Kelas IX SMP/MTs. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 4 Keberagaman Masyarakat Indonesia dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas K13 Edisi Revisi 2017 (Kurikulum 2013). Kunci Jawaban Uji Kompetensi Bab 4 Halaman 120 IPA Kelas 9
 
Jelaskan macam-macam konflik yang terjadi akibat keberagaman masyarakat dan berilah contohnya!

Jelaskan macam-macam konflik yang terjadi akibat keberagaman masyarakat dan berilah contohnya!
Jawaban :

Ada beragam jenis-jenis konflik yang terjadi sebagai akinat adanya keberagaman dalam masyarakat, antara lain:

  1. Konflik antaragama, contohnya konflik antara agama islam dan nasrani di Poso (Konflik Poso).
  2. Konflik antarsuku, contohnya Konflik Sampit yang melibatkan Suku Dayak dan Suku Madura yang berkedudukan sebagai pendatang.
  3. Konflik antarras, contohnya yang terjadi di Afrika Selatan saat sistem apartheid masih diberlakukan.
  4. Konflik antargolongan, contohnya konflik antara pendukung sepakbola Bonek dan Aremania yang sudah terjadi sejak tahun 1990.



Pembahasan :
Perbedaan sesungguhnya hal yang wajar dan bagian dari Takdir Tuhan YME yang harus manusia terima dengan positif. Sayangnya, dalam kehidupan sehari-hari, keberagaman ini menjadi jurang pemisah dan sumber masalah sehingga memicu banyaknya konflik. Konflik-konflik ini seringnya merugikan masyarakat karena bersifat destruktif.