Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jelaskan mekanisme inspirasi dan ekspirasi pada sistem pernapasan manusia!

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Ilmu Pengerahuan Alam untuk Kelas 8 halaman 76 - 78 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPA Uji Kompetensi Halaman 76 - 78 Buku siswa untuk Semester 2 (Genap) Kelas VIII SMP/MTs. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 8 Tekanan Zat dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas K13 Edisi Revisi 2017 (Kurikulum 2013). Kunci Jawaban Uji Kompetensi Halaman 78 IPA Kelas 8
 
Jelaskan mekanisme inspirasi dan ekspirasi pada sistem pernapasan manusia!

Jelaskan mekanisme inspirasi dan ekspirasi pada sistem pernapasan manusia!
Jawaban :

INSPIRASI
Inspirasi merupakan proses memasukkan oksigen dari udara ke dalam tubuh. Proses ini disebut juga sebagai menarik nafas. Proses ini seluruhnya dikontrol oleh pusat kontrol pernafasan yang terletak kdi medula oblongata. Ketika bagian ini diaktifkan, terjadi kontraksi diafragma beserta otot-otot intercostal yang menyebabkan pembesaran rongga dada. hal ini berujuang pada menurunnya tekanan rongga pleura.

Berikut mekanisme inspirasi:
- Otot-otot antartulang rusuk bagian luar mengalami kontraksi
- Tulang rusuk terdorong naik, menyebabkan rongga dada dan volume paru-paru membesar
- Tekanan udara dalam paru-paru menjadi lebih kecil dari tekanan udara di luar sehingga mendorong udara untuk masuk ke dalam paru-paru.

EKSPIRASI
Ekspirasi merupakan kebalikan dari inspirasi, yaitu proses menghembuskan nafas. Ekspirasi memainkan peranan yang penting karena membantu tubuh untuk mengeluarkan zat beracun berupa karbondioksida dan uap air sebagai produk samping dari metabolisme. Ekspirasi juga diatur oleh pusat kontrol pernafasan yang terletak di medula oblongata.

Berikut mekanisme ekspirasi:
- Otot-otot antartulang rusuk sebelah luar dan diafragma mengalami pengenduran
- Rongga dada menurun yang mengakibatkan volume paru-paru mengecil
- Tekanan udara di paru-paru lebih tinggi dari tekanan udara di luar sehingga mendorong udara di dalam paru-paru untuk keluar