Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jelaskan penyebab keragaman agama di Indonesia!

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas 7 halaman 113 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket PPKN Uji Kompetensi 4 Halaman 113 Buku siswa untuk Semester 2 (Genap) Kelas VII SMP/MTs. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 4 Keberagaman Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas K13 Edisi Revisi 2017 (Kurikulum 2013). Kunci Jawaban Uji Kompetensi 4.2 Halaman 113 IPA Kelas 7
 
Jelaskan penyebab keragaman agama di Indonesia!

Jelaskan penyebab keragaman agama di Indonesia!
Jawaban :
Penyebab keberagaman agama di Indonesia adalah letak geografis Indonesia di antara dua samudera dan dua benua menjadikan Indonesia sebagai pusat lalu lintas perdagangan internasional.
 
   

Pembahasan :

Akibat dari letak geografis inilah terjadilah persebaran agama dari para pedagang asing yang berdagang dan singgah di Indonesia. Yang pertama kali masuk adalah agama Hindu dan Buddha yang dibawa bangsa India. Kemudian, bangsa Gujarat yang membawa ajaran agama Islam, disusul bangsa Eropa membawa ajaran agama Katolik dan Kristen, dan bangsa Cina membawa ajaran agama Konghucu.

Oleh karena itulah, di Indonesia terdapat enam agama yang diakui negara, yaitu Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Buddha, dan Konghucu.


Keberagaman suku dan budaya di Indonesia adalah sesuatu yang wajib dijaga dan dirawat sebab merupakan kekuatan tersendiri bagi bangsa. Keberagaman ini datangnya dari Tuhan dan harus disyukuri dan diterima dengan baik.