Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jelaskan perbedaan antara meteoroid, meteor, dan meteorit.

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Ilmu Pengerahuan Alam untuk Kelas 7 halaman 167 - 168 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPA Uji Kompetensi Halaman 167 - 168 Buku siswa untuk Semester 2 (Genap) Kelas VII SMP/MTs. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 6 Tata Surya  ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas K13 Edisi Revisi 2017 (Kurikulum 2013). Kunci Jawaban Uji Kompetensi Halaman 168 IPA Kelas 7
 
Jelaskan perbedaan antara meteoroid, meteor, dan meteorit.

Jelaskan perbedaan antara meteoroid, meteor, dan meteorit.

Jelaskan perbedaan antara meteoroid, meteor, dan meteorit.
Jawaban :
Perbedaan meteoroid, meteor dan meteorit adalah bentuk dan asal bendanya. Di mana meteoroid berasal dari luar angkasa yang berbentuk batuan. Sedangkan meteor berasal dari meteoroid yang jatuh ke bumi dan berbentuk seperti bintang jatuh yang berkilauan. Dan meteorit merupakan batu yang sudah jatuh ke bumi dan berbentuk seperti bebatuan.  

 
 Pembahasan
Benda-benda yang ada di langit sangat bermacam-macam. Tdak hanya planet saja, benda langit juga memiliki asteroid, komet dan meteoroid. Meteoroid merupakan asteroid kecil, pecahan komet, atau terkadang pecahan planet mengelilingi matahari dengan lintasan yang tidak tetap. Karena lintasannya yang tidak teratur tersebut membuat kemungkinan adanya benturan dengan bumi. Saat meteoroid tersebut menghantam bumi, maka bergesekan dengan atmosfer disana. Menyebabkan suhu menjadi panas dan muncul kobaran api panas yang berwarna putih berkilauan. Karena bentuknya yang berkilauan, masyarakat sering memanggilnya dengan meteor atau bintang jatuh. Karena kecepatannya yang tinggi serta suhu yang panas, menyebabkan meteor meninggalkan bekas lubang di bumi. Meteor yang jatuh ke Bumi disebut dengan meteorit. Contoh meteorit terbesar yang pernah turun ke Bumi yaitu Willamette, Mbozi, Cape York, dll.