Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Mengapa ideologi Pancasila tidak dapat dikatakan aman dari berbagai macam ancaman dalam pengimplementasian nilai-nilainya di masyarakat!

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas 10 halaman 172 - 173 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket PPKN Uji Kompetensi Bab 5 Halaman 172 - 173 Buku siswa untuk Semester 2 (Genap) Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 5 Mewaspadai Ancaman Terhadap Kedudukan Negara Kesatuan Republik Indonesia ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas K13 Edisi Revisi 2017 (Kurikulum 2013). Kunci Jawaban Uji Kompetensi Bab 5 Halaman 172 - 173 PPKN Kelas 11
 
Mengapa ideologi Pancasila tidak dapat dikatakan aman dari berbagai macam ancaman dalam pengimplementasian nilai-nilainya di masyarakat!

Mengapa ideologi Pancasila tidak dapat dikatakan aman dari berbagai macam ancaman dalam pengimplementasian nilai-nilainya di masyarakat!
Jawaban :

  • Ideologi pancasila mempunyai sifat mengikat

Pancasila mengikat rakyat indonesia untuk dapat bersatu melalui nilai nilai persatuan dan kesatuan tetapi pada pengimplementasianya. Namun, masih terdapat sebagian kecil rakyat tidak mau untuk bersatu dan hanya memilih golonganya sehingga ideologi pancasila belum dikatakan aman dari berbagai ancaman, contoh : kasus Gerakan Aceh Merdeka

  • Masyarakat Indonesia banyak yang mudah terpengaruh radikalisme.

Radikalisme berbahaya bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Jika masyarakat terpengaruh oleh paham radikalisme, maka akan cenderung ingin menggantikan Pancasila dengan ideologi radikalisme yang ia anut.


 Pembahasan :

Indonesia adalah negara berkembang yang memiliki kompleksitas dari berbagai bidang dan bisa dikembangkan secara baik jika semua komponen saling bekerja sama. Dengan status negara berkembang, maka Indonesia menjadi sasaran bagi pihak yang ingin memberikan ancaman karena akses yang mudah dan potensi yang bisa merugikan Indonesia sangat besar ditandai dengan berbagai kejadian yang pernah terjadi di Indonesia seperti Agresi Militer Belanda, G30/S PKI, DI/TII dan lain - lain.

Era modern kini juga merubah cara pandang negara - negara kuat bahwa dengan menanamkan pengaruhnya ke negara berkembang maka mereka akan semakin disegani dan dihormati. Hal itulah yang wajib diwaspadai Indonesia karena Indonesia masih sangat bergantung dengan negara - negara maju. Ini menjadi ancaman serius karena dengan begitu maka pertahanan dan keamanan Indonesia menjadi rawan. Banyak faktor yang menjadi talak ukur bahwa negara kuat akan mengancam keutuhan wilayah NKRI yang mana nantinya bisa merugikan Indonesia sendiri.