Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Mengapa mikroskop merupakan sesuatu yang sangat berguna untuk mempelajari sel? Jelaskan.

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Ilmu Pengerahuan Alam untuk Kelas 7 halaman 26 - 27 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPA Uji Kompetensi Halaman 26 - 27 Buku siswa untuk Semester 2 (Genap) Kelas VII SMP/MTs. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 1 Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas K13 Edisi Revisi 2017 (Kurikulum 2013). Kunci Jawaban Uji Kompetensi Halaman 26 - 27  IPA Kelas 7
 
Mengapa mikroskop merupakan sesuatu yang sangat berguna untuk mempelajari sel? Jelaskan.


Mengapa mikroskop merupakan sesuatu yang sangat berguna untuk mempelajari sel? Jelaskan.
Jawaban :
Mikroskop dapat membantu dalam melihat serta mengamati aktivitas sel. Karena kemampuannya didalam memperbesar gambar, mikroskop juga dapat membantu kita dalam melihat struktur serta bagian yang ada di dalam sel.


Mikroskop merupakan salah satu alat optik yang digunakan untuk benda-benda kecil dan memiliki kemampuan untuk memperbesar bayangan hingga berlipat-lipat. Adapun cara pengoperasian mikroskop dengan cara:

  • Obyek yang akan diamati ditempatkan pada dua lensa obyektif sampai terbentuk bayangan nyata, terbalik dan diperbesar.
  • Kemudian lakukan pengamatan dengan cara menggeser jarak benda terhadap lensa obyektif dengan menggunakan tombol halus yang digunakan untuk menemukan fokus.
  • Lensa Okuler akan memperbesar bayangan yang dihasilkan oleh lensa objektif berkisar antara 4 sampai 25x pembesaran.
  • Lensa Kondensor akan mengatur pencahayaan pada objek yang akan dilihat.
  • Pengamatan dengan mikroskop dapat dilakukan dengan mata berakomodasi maksimum dan mata tidak berakomodasi.