Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Perhatikan gambar irisan telinga berikut ini! Gendang telinga, saluran eustachius, dan saluran setengah lingkaran ditunjukkan secara berturut-turut dengan huruf .... A. P, S, dan R B. P, R, dan T C. R, S, dan T D. P, S, dan T

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Ilmu Pengerahuan Alam untuk Kelas 8 halaman 160 - 163 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPA Uji Kompetensi Halaman 160 - 163 Buku siswa untuk Semester 2 (Genap) Kelas VIII SMP/MTs. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 10 Getaran, Gelombang, dan Bunyi dalam Kehidupan Sehari-hari ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas K13 Edisi Revisi 2017 (Kurikulum 2013). Kunci Jawaban Uji Kompetensi Halaman 160 IPA Kelas 8
 
Perhatikan gambar irisan telinga berikut ini! Gendang telinga, saluran eustachius, dan saluran setengah lingkaran ditunjukkan secara berturut-turut dengan huruf .... A. P, S, dan R B. P, R, dan T C. R, S, dan T D. P, S, dan T

Perhatikan gambar irisan telinga berikut ini! Gendang telinga, saluran eustachius, dan saluran setengah lingkaran ditunjukkan secara berturut-turut dengan huruf ....

A. P, S, dan R
B. P, R, dan T
C. R, S, dan T
D. P, S, dan T
Jawaban :
C. R, S, dan T


Pembahasan
Gambar dalam soal menjabarkan organ-organ yang meyusun sistem pendengaran manusia. Dari paling luar, organ-organ ini adalah:

P: Daun telinga
Daun telinga adalah bagian terluar dari telinga manusia. Suara yang didengar pertama akan dikumpulkan oleh daun telinga. Melalui saluran telinga, gelombang ini darahkan ke gendang telinga.

R: gendang telinga  
Gendang telinga (tymphanc drum) merupakan lapisan tipis yang bergetar pada saat gelombang suara masuk ke dalam telinga. Gendang telinga ini memisahkan telinga luar dan telinga tengah, dan berfungsi untuk menghantar getaran suara dari udara menuju tulang pendengaran di dalam telinga tengah.

S: saluran eustachius
Saluran Eustachius adalah saluran yang menghubungkan ruang telinga ke rongga mulut lewat belakang hidung. Saluran ini dinamakan atas nama ilmuwan Italia yang bernama Bartolomeo Eustachi atau dalam bahasa Latin disebut Eustachiuas.
Saluran Eustachius tersusun dari tulang rawan untuk dua pertiga pertama, dengan sepertiga terakhir (bagian yang paling dekat dengan telinga) terbuat dari tulang.
Pada orang dewasa, saluran Eustachius berdiameter sekitar 35 mm dan berdiameter sekitar 3 mm.
Fungsi utama saluran Eustachius adalah untuk ventilasi ruang telinga tengah, dan memastikan tekanannya tetap sama pada tekanan udara lingkungan.
Fungsi kedua saluran Eustachius adalah membuang kotoran, infeksi, atau debu dari ruang telinga tengah.

T: saluran setengah lingkaran
Canalis semisirkularis atau saluran setengah lingkaran adalah bagian pada telinga yang terdapat di bagian telinga dalam. Saluran setengah lingkaran menyambung dengan bagian eustachius, dan berperan dalam menjaga keseimbangan tubuh manusia.