Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Perhatikan gambar sel di bawah ini. Identifikasilah bagian-bagiannya. Bagian - Bagian Yang Menyusun sel tumbuhan

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Ilmu Pengerahuan Alam untuk Kelas 7 halaman 26 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPA Uji Kompetensi Halaman 26 Buku siswa untuk Semester 2 (Genap) Kelas VII SMP/MTs. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 1 Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas K13 Edisi Revisi 2017 (Kurikulum 2013). Kunci Jawaban Uji Kompetensi Halaman 26 IPA Kelas 7
 
Perhatikan gambar sel di bawah ini. Identifikasilah bagian-bagiannya. Bagian - Bagian Yang Menyusun sel tumbuhan

Perhatikan gambar sel di bawah ini. Identifikasilah bagian-bagiannya.

Bagian - Bagian Yang Menyusun sel tumbuhan

Perhatikan gambar sel di bawah ini. Identifikasilah bagian-bagiannya.

Jawaban :
A. Nukleus
B. Pori nukleus
C. Nukleolus
D. Selubung nukleus
E. Retikulum endoplasma kasar
F. Retikulum endoplasma halus
G. Vakuola
H. Sitoplasma
I. Kloroplas
J. Dinding sel
K. Membran sel
L. Mitokondria
M. Peroksisom
N. Badan golgi


Penjelasan :
Struktur sel tumbuhan berbeda dengan struktur sel hewan. Berikut bagian-bagian sel tumbuhan beserta fungsinya.
  1. Nukleus: organel inti pada sel. Nukleus ini terdiri dari nukleolus, pori nukleus, dan selubung nukleus. Dalam nukleus terkandung materi genetik  berupa kromosom yang mengandung DNA dan RNA. Nukleus ini memiliki fungsi sebagai pengatur semua aktivitas sel dengan mengkoordinasikan proses metabolisme sel berupa pertumbuhan, pembelahan, dan sintesis protein.
  2. Retikulum endoplasma: organel yang berbentuk seperti labirin, tersusun atas membran yang berliku-liku membentuk seperti ruang-ruang. Permukaan retikulum endoplasma ada yang ditempeli oleh butiran-butiran ribosom, sehingga retikulum endoplasma ini disebut RE Kasar. Dan RE halus merupakan bagian retikulum endoplasma yang tidak ditempeli ribosom. Retikulum endoplasma ini berfungsi sebagai penghubung nukleus dan sitoplasma, selain itu juga berperan dalam manufaktur, penyimpanan, dan pengangkutan struktur glikogen, protein, steroid, dan senyawa lainnya.
  3. Vakuola: organel terbesar pada sel tumbuhan, di bagian dalam vakuola terdapat cairan yang mengandung senyawa organik dan anorganik, serta mengandung pigmen daun, buah, bunga. Vakuola memiliki lapisan membran yang disebut sebagai tonoplas. Vakuola berfungsi sebagai tempat penyimpan protein dan zat gula, mengatur tekanan dalam sel, menstabilkan tingkat nilai PH dan mengisolasi zat sisa-sisa metabolisme sel.
  4. Sitoplasma: yaitu cairan sel yang mengisi rongga di dalam sel. Sitoplasma mengandung banyak air dengan presentase sebesar 80%. Sitoplasma berperan sebagai media suspensi bagi partikel-partikel kecil dan organel-organel sel. Fungsi Sitoplasma adalah menyalurkan dan melarutkan zat-zat makanan yang dibutuhkan organel sel lain untuk melakukan aktivitas sel.
  5. Kloroplas: organel sel yang hanya terdapat pada sel tumbuhan. Kloroplas berbentuk bulat lonjong dan berwarna hijau, didalamnya terdapat cairan yang disebut stroma. Kloroplas memiliki 2 membran yaitu membran luar dan dalam. Bagian membran dalam terdapat stroma dan tilakoid, yaitu kantung kecil yang ditumpuk secara vertikal di dalam kloroplas. Kloroplas ini berfungsi sebagai tempat fotosintesis, sintesis asam-asam lemak, serta beberapa fungsi sehari-hari sel.
  6. Dinding sel:  lapisan terluar sel tumbuhan yang tersusun dari selulosa yang berfungsi untuk menjaga tekanan dalam sel.
  7. Membran sel: bagian dalam dinding sel yang melapisi sel. Membran sel ini berfungsi untuk mengatur keluar masuknya zat serta berperan dalam mengatur keseimbangan internal sel.
  8. Mitokondria: organel sel dengan bentuk bulat lonjong dengan bagian dalamnya terdapat membran yang tersusun meliuk-liuk. Mitokondria iniberfungsi untuk menghasilkan energi, mengubah oksigen dan zat gula menjadi karbondioksida dan energi melalui proses respirasi selular.
  9. Peroksisom: organel sel berukuran kecil yang dilapisi oleh membran tunggal. Peroksisom berfungsi dalam proses fotorespirasi untuk menguraikan hidrogen peroksida, serta mengubah racun menjadi air dan oksigen serta mengubah asam lemak menjadi zat gula.
  10. Badan golgi: organel sel dengan bentuk kantung tipis dan tersusun secara berlapis-lapis. Badan golgi ini berfungsi sebagai alat sekresi sel. Badan golgi juga berperan sebagai tempat penyimpanan sekunder protein dan zat-zat lainnya yang berasal dari retikulum endoplasma, serta juga berpedan dalam proses perubahan dari enzim yang tidak aktif menjadi enzim aktif.