Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Perhatikan susunan tanah pada botol berikut ini! Kedua botol itu ditanami tumbuhan dengan jumlah yang sama dan ketersediaan air yang sama. Pada botol manakah tumbuhan dapat tumbuh dengan subur dalam jangka waktu yang lama? Uraikan alasanmu!

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Ilmu Pengerahuan Alam untuk Kelas 9 halaman 196 - 200 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPA Uji Kompetensi Halaman 196 - 200 Buku siswa untuk Semester 2 (Genap) Kelas IX SMP/MTs. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 9 Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas K13 Edisi Revisi 2017 (Kurikulum 2013). Kunci Jawaban Uji Kompetensi Halaman 199 IPA Kelas 9 

Perhatikan susunan tanah pada botol berikut ini! Kedua botol itu ditanami tumbuhan dengan jumlah yang sama dan ketersediaan air yang sama. Pada botol manakah tumbuhan dapat tumbuh dengan subur dalam jangka waktu yang lama? Uraikan alasanmu!

Perhatikan susunan tanah pada botol berikut ini!

Kedua botol itu ditanami tumbuhan dengan jumlah yang sama dan ketersediaan air yang sama. Pada botol manakah tumbuhan dapat tumbuh dengan subur dalam jangka waktu yang lama? Uraikan alasanmu!
Jawaban :
Botol A memiliki susunan tanah yang jauh lebih baik daripada botol B, sehingga apabila tanaman diletakkan di pot A maka akan tumbuh dengan subur, sedangkan di pot B akan perlahan layu dan membusuk.




Pembahasan:
Tinjau Susunan Tanah pada Botol A

Susunan tanah pada botol A lebih baik daripada struktur tanah B. Mengapa demikian ?

  • Tanah lempung paling atas, merupakan cukup baik, karena tanah lempung masih memiliki daya serap yang lebih tinggi dibandingkan tanah liat, sehingga air dapat terserap lebih dalam ke lapisan selanjutnya dan akar lebih mudah untuk menembus tanah lempung. Tanah lempung juga masih memiliki beberapa mineral yang dibutuhkan tumbuhan.
  • Tanah pasir, merupakan tanah yang cukup baik juga, karena komposisinya yang halus akan mudah menyerap air dan akar tanaman dapat leluasa untuk menembusnya, walaupun tanah pasir ini sangat miskin mineral.
  • Tanah liat, merupakan tanah yang sulit menyerap air, sehingga air akan tersimpan di sini sebagai cadangan. Akar juga sulit untuk menembus tanah liat, karena strukturnya yang liat (lunak, lentur) sehingga akar akan terkunci dengan kuat yang menyebabkan tumbuhan dapat berdiri tegak.
Tinjau Susunan Tanah Botol B

Susunan tanah pada botol B sangatlah buruk, mengapa demikian ? Karena, tanah liat yang sulit ditembus oleh air dan akar akan sulit menembusnya. Hal ini akan membuat akar tidak leluasa untuk menembus tanah yang menyebabkan ia terkunci di awal dan tidak bisa ke lapisan yang lebih dalam. Hal ini akan membuat akar menjadi membusuk.