Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Prinsip pada bioteknologi industri adalah ....

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Ilmu Pengerahuan Alam untuk Kelas 9 halaman 90 - 93 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPA Uji Kompetensi Halaman 90 - 93 Buku siswa untuk Semester 2 (Genap) Kelas IX SMP/MTs. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 7 Bioteknologi ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas K13 Edisi Revisi 2017 (Kurikulum 2013). Kunci Jawaban Uji Kompetensi Halaman 91 IPA Kelas 9
 Prinsip pada bioteknologi industri adalah ....

Prinsip pada bioteknologi industri adalah ....
A. menggunakan teknik fermentasi
B. memproduksi barang dan jasa untuk kebutuhan komersial
C. menggunakan bioteknologi untuk memenuhi kebutuhan konsumen
D. memproduksi barang dan jasa dalam skala besar dengan cara efisien melalui pemanfaatan mikroorganisme
Jawaban :
D. memproduksi barang dan jasa dalam skala besar dengan cara efisien melalui pemanfaatan mikroorganisme

Pembahasan:

Bioteknologi adalah salah satu cabang ilmu biologi yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup berupa bakteri, fungi, virus, hewan, tumbuhan, enzim, dan lainnya untuk menghasilkan barang dan jasa. Bioteknologi kini sudah berkembang mencangkup bidang ilmu lain seperti biokimia, komputer, biologi molekuler, mikrobiologi, genetika, kimia, farmasi, dan lainnya.  

Kemajuan bioteknologi beriringan dengan perkembangan teknologi. Pengaplikasian bioteknologi memiliki manfaat untuk memodifikasi fungsi biologis suatu organisme dengan teknik rekayasa genetika, seperti menambahkan gen dari organisme lain atau merekayasa gen asli organisme tersebut.

Dalam bidang industri, prinsip utama yang digunakan adalah dapat mengasilkan produk sebanyak mungkin dengan cara dan biaya minimal. Hal ini sejalan dengan salah satu manfaat bioteknologi yang dapat meningkatkan hasil produk. Seperti halnya, bioteknologi konvensional yang memanfaatkan mikroorganisme untuk meningkatkan hasil produk atau jasa.