Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Reaksi kimia yang terjadi pada peristiwa fermentasi, seperti pada pembuatan tapai adalah .... a. glukosa + O2 → CO2 + H2O + energi b. glukosa + O2 → CO2 + alkohol + energi c. glukosa → CO2 + alkohol + energi d. glukosa → CO2 + H2O + energi

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Ilmu Pengerahuan Alam untuk Kelas 9 halaman 90 - 93 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPA Uji Kompetensi Halaman 90 - 93 Buku siswa untuk Semester 2 (Genap) Kelas IX SMP/MTs. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 7 Bioteknologi ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas K13 Edisi Revisi 2017 (Kurikulum 2013). Kunci Jawaban Uji Kompetensi Halaman 91 IPA Kelas 9
 Reaksi kimia yang terjadi pada peristiwa fermentasi, seperti pada pembuatan tapai adalah ....

Reaksi kimia yang terjadi pada peristiwa fermentasi, seperti pada pembuatan tapai adalah ....
a. glukosa + O2 → CO2 + H2O + energi
b. glukosa + O2 → CO2 + alkohol + energi
c. glukosa → CO2 + alkohol + energi
d. glukosa → CO2 + H2O + energi
Jawaban :
c. glukosa → CO2 + alkohol + energi

Pembahasan:

Tape dibuat dengan fermentasi untuk mengurai karbohidrat (berupa glukosa) di singkong atau ubi kayu. Fermentasi ini dilakukan dengan bantuan ragi yang mengandung mikroba.

Ragi ini berasal dari berbagai jenis jamur seperti Aspergillus oryzae, Rhizopus oryzae, Amylomyces rouxii, Saccharomyces cerevisiae, Endomycopsis burtonii dan Saccharomycopsis fibuliger. Fermentasi membuat singkong yang keras menjadi tape yang lunak dan berair.

Fermentasi adalah contoh dari respirasi anaerob (respirasi yang tidak membutuhkan oksigen). Dalam fermentasi ini terjadi proses di mana karbohidrat (seperti dalam glukosa dari singkong dalam soal ini) terurai akibat respirasi anaerob, menjadi alkohol dan gas karbon dioksida yang lebih sederhana, dan menghasilkan energi bagi mikroba.

Reaksi fermentasi adalah:

C6H12O6 (glukosa) → 2 C2H5OH (ethanol atau alkohol) + 2 CO2 (karbon dioksida) + energi

Fermentasi akan mengubah tekstur dan rasa makanan, dan makanan akan lebih awet dan tahan lama. Fermentasi adalah merupakan perubahan kimia, sebab terjadi perubahan dengan reaksi kimia dan terjadi pembentukan senyawa baru.