Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Teknologi berikut ini yang tidak menggunakan prinsip Archimedes adalah .... A. hidrometer B. jembatan ponton C. balon udara D. dongkrak mobil

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Ilmu Pengerahuan Alam untuk Kelas 8 halaman 38 - 41 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPA Uji Kompetensi Halaman 38 - 41 Buku siswa untuk Semester 2 (Genap) Kelas VIII SMP/MTs. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 7 Tekanan Zat dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas K13 Edisi Revisi 2017 (Kurikulum 2013). Kunci Jawaban Uji Kompetensi Halaman 39 IPA Kelas 8
 
Teknologi berikut ini yang tidak menggunakan prinsip Archimedes adalah .... A. hidrometer B. jembatan ponton C. balon udara D. dongkrak mobil

Teknologi berikut ini yang tidak menggunakan prinsip Archimedes adalah ....
A. hidrometer
B. jembatan ponton
C. balon udara
D. dongkrak mobil
Jawaban :
D. dongkrak mobil
 
 
Pembahasan
    Bunyi hukum archimedes yaitu: "Jika sebuah benda dicelupkan ke dalam zat cair, maka benda tersebut akan mendapat gaya yang disebut gaya apung (gaya ke atas) sebesar berat zat cair yang dipindahkannya".
    Berdasarkan hukum archimedes, apabila benda dicelupkan dalam zat cair yang terjadi adalah sebagai berikut:  
1.  Mengapung
Mengapung terjadi jika massa jenis benda lebih kecil dibanding massa jenis zat cair. Pada saat terjadi keseimbangan, gaya angkat mempunyai nilai sama dengan berat benda.

2. Melayang
Melayang terjadi karena nilai massa jenis benda sama dengan massa jenis zat. Gaya angkat zat cair sama atau hampir sama dengan berat bendanya.

3. Tenggelam
Tenggelam terjadi karena massa jenis benda lebih besar dibanding massa jenis zat cair. Gaya apung yang diberikan zat cair lebih kecil dibanding berat benda.

Adapun penerapan Hukum Archimedes yang lain yaitu sebagai berikut:
1. Hidrometer
Hidrometer adalah alat untuk mengukur massa jenis zat cair. Alat ini berbentuk tabung yang berisi pemberat dan ruang udara sehingga akan terapung tegak dan stabil seketika.

2. Kapal selam
Drum besi dapat mengapung di dalam air disebabkan oleh adanya dalam kapal selam terdapat tangki yang jika terisi udara ia dapat mengapung di permukaan air. Ketika kapal dimasukkan ke dalam air, tangki akan terisi air sehingga kapal dapat menyelam.  

3. Balon udara

4. Jembatan ponton