Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Tuliskan nama-nama lain gotong royong dalam berbagai daerah di Indonesia!

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas 7 halaman 134 - 135 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket PPKN Uji Kompetensi 5 Halaman 134 - 135 Buku siswa untuk Semester 2 (Genap) Kelas VII SMP/MTs. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 5 Kerjasama dalam Berbagai Bidang Kehidupan ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas K13 Edisi Revisi 2017 (Kurikulum 2013). Kunci Jawaban Uji Kompetensi 5.1 Halaman 135 IPA Kelas 7
 
Tuliskan nama-nama lain gotong royong dalam berbagai daerah di Indonesia!

Tuliskan nama-nama lain gotong royong dalam berbagai daerah di Indonesia!
Jawaban :
1. Ngayah   Berasal dari daerah Bali.  
2. Pawonda   Berasal dari daerah Nusa Tenggara Timur.  
3. Sambatan  Berasal dari pesisir timur Jawa.  
4. Song Osong Lombhung  Berasal dari daerah Bangkalan, Madura.  
5. Gugur gunung   Berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta.  
6. Siadapari  Berasal dari Sumatra Utara.

 

Pembahasan :

1. Ngayah

Ngayah merupakan sebuah kearifan lokal yang ada, tumbuh dan berkembang di Bali. Bahkan budaya ngayah hingga saat ini masih dijalankan dan tidak luntur ditelan zaman. Ngayah merupakan istilah bagi seseorang ataupun kelompok yang bekerja dengan tulus iklas tanpa mendapatkan imbalan secara material.

2. Pawonda

Pawonda merupakan kerja sama yang melibatkan sekelompok orang untuk membangun sebuah rumah dengan upacara khusus seperti berpuasa dan bersama-sama mengukir tiang pancang.

3. Sambatan

Sambatan adalah kegiatan gotong royong yang sering dilakukan di daerah-daerah pedesaan yang ada di berbagai wilayah di Jawa Tengah,Jawa Timur dan D.I.Yogyakarta. Sambatan sering dilaksanakan ketika ada warga yang akan membangun rumah. Kegiatan ini biasanya dikerjakan pada proses pendirian tiang penyangga genteng rumah atau biasa disebut dengan kuda-kuda. Kegiatan pendirian kayu penyangga/penopang genteng ini disebut dengan "ngedekne omah" dalam bahasa jawa.  

4. Song Osong Lombhung

Song osong lombhung merupakan istilah gotong royong yang ada di lingkungan masyarakat Madura. Gotong royong dapat terwujud dalam semangat kebersamaan. ... Prinsip gotong royong yang ada di Madura adalah tanpa adanya upah, untuk kepentingan pribadi atau bersama.

5. Gugur gunung

Gugur gunung lebih mengacu kepada arti yang lebih aktif yaitu bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu hasil yang didambakan (bersama). Sedangkan gotong royong mengacu kepada sifat kebersamaan yang dihasilkan dari bekerja bersama-sama (tolong- menolong, bantu-membantu).

6. Siadapari

Siadapari merupaka kegiatan bercocok tanam yang dilakukan masyarakat Batak Toba untuk mengerjakan tanah dari masing-masing anggota kelompok dan secara bergiliran. Keanggotaan kelompok sifatnya sukarela dan masa berdirinya tergantung persetujuan peserta.