Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Zat berikut yang tidak dihasilkan oleh hati adalah .... A. urea B. glukosa C. bilirubin D. getah empedu

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Ilmu Pengerahuan Alam untuk Kelas 8 halaman 110 - 112 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPA Uji Kompetensi Halaman 110 - 112 Buku siswa untuk Semester 2 (Genap) Kelas VIII SMP/MTs. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 9 Sistem Ekskresi Manusia ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas K13 Edisi Revisi 2017 (Kurikulum 2013). Kunci Jawaban Uji Kompetensi Halaman 111 IPA Kelas 8
 
Zat berikut yang tidak dihasilkan oleh hati adalah .... A. urea B. glukosa C. bilirubin D. getah empedu

Zat berikut yang tidak dihasilkan oleh hati adalah ....
A. urea
B. glukosa
C. bilirubin
D. getah empedu
Jawaban :
B. glukosa


Pembahasan

Hati merupakan salah satu organ ekskresi manusia. Di dalam hati terjadi pemecahan sel darah menjadi zat besi, globin, dan hemin. Sel darah memiliki usia antara 100 hingga 120 hari. Hal ini dikarenakan sel darah tidak memiliki inti sel dan memberan selnya selalu bergesekan dengan pembuluh kapiler darah. Ketidak adaan inti sel inilah yang menyebabkan sel darah tidak dapat melakukan pembentukan komponen baru untuk menggantikan komponen sel yang rusak.

Hasil pemecahan sel darah merah akan dipecah kembali. Globin akan dipecah menjadi menjadi asam amino untuk digunakan dalam pembentukan protein lain. Sedangkan hemin diubah  menjadi zat warna  hijau yang disebut biliverdin. Biliverdin kemudian diubah menjadi bilirubin yang merupakan zat warna kuning oranye. Bilirubin selanjutnya  dikeluarkan bersama getah empedu. Getah empedu dikeluarkan ke usus dua belas jari, kemudian menuju usus besar. Zat besi selanjutnya dibawa menuju sumsum merah tulang untuk digunakan membentuk  hemoglobin  baru.