Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Bagi para rasul, Iradhul Basyariyah merupakan ...

Bagi para rasul, Iradhul Basyariyah merupakan ...

Halo gaes kembali lagi diwebsite saya, pada pembahasan kali ini saya akan membagikan sebuah kunci jawaban yang akan memudahkan teman-teman dalam mengerjakan tugas sekolah. Nah pada artikel kali ini saya akan bahas pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti atau PAI.

Untuk tingkat atau jenjangnya yaitu untuk Kelas VIII SMP/MTs untuk ketentuan bukunya, soal-soal yang akan saya bahas kunci jawabannya ini terdapat dalam Buku Kemdikbud Kurikulum 2013 Revisi tahun 2017.

Secara detailnya, saya akan bahas Kunci Jawaban PAI Kelas 8 Halaman 154 - 156 Ayo Berlatih dan terdapat pada Bab 8 Meneladani Sifat-sifat Mulia Para Rasul Allah Swt. Semoga dengan adanya artikel seputar kunci jawaban ini bisa membantu teman-teman atau siswa-siswa dalam mengerjakan Tugas Sekolah dan membantu para guru dalam memberikan pelajaran kepada muridnya.

Bagi para rasul, Iradhul Basyariyah merupakan ... a. cerdas b. pandai c. menyampaikan d. sifat jaiz

Disclaimer : Kunci Jawaban yang saya tulis diwebsite ini tidak menjadi patokan pasti benar, saya hanya membantu dan silahkan cek lagi apabila jawaban yang saya berikan kurang memuaskan

 

Soal dan Jawaban :

8. Bagi para rasul, Iradhul Basyariyah merupakan ...
a. cerdas
b. pandai
c. menyampaikan
d. sifat jaiz
Jawaban : 
d. sifat jaiz

Pembahasan :    
Sifat Rasulullah SAW dibagi atas tiga yakni sifat wajib, sifat mustahil dan sifat jaiz. Sifat wajib Rasulullah terdiri atas shiddiq atau benar, amanah atau bisa dipercaya, tabligh atau menyampaikan wahyu dan fathonah atau cerdas.

Sementara itu, sifat mustahil Rasulullah adalah lawan dari sifat yang wajib ia miliki yakni Al Kizb atau pembohong, khianat atau tidak amanah, khitman atau menyembunyikan dan baladah atau bodoh/dungu.

Sifat Rasulullah lainnya adalah sifat jaiz yakni sifat kemanusiaan yang melekat pada diri Rasulullah sebagai manusia namun tanpa mengurangi kedudukannya sebagai seorang utusan Allah SWT. Sifat ini disebut juga dengan Iradhul Basyariyah yang meliputi sifat sifat seperti makan, minum, menikah, beranak-pinak, tidur, malu dan semacamnya.

Tak hanya Rasulullah yang memiliki sifat jaiz, Allah SWT pun memiliki sifat jaiz yang diartikan sebagai sifat yang bisa dimiliki dan bisa juga tidak. Sifat jaiz Allah adalah Fi'lu kulli mumkinin au tarkuhu yang artinya Allah memiliki wewenang melakukan atau menciptakan seuatu dan tidak melakukan atau tidak menciptakan seusuatu. Sifat Jaiz pada Allah menekankan pada apa apa yang Allah kehendaki. Jika dikehendaki maka terjadilah dan jika Allah tak menghendaki maka tak akan terjadi.

Dari penjelasan di atas kita akan mengetahui bahwa jawabannya adalah C. Sifat Jaiz.

Penutup

yak itulah tadi pembahasan Kunci Jawaban PAI Kelas 8 Halaman 154, 155, 156 Ayo Berlatih. Jika sekiranya ada yang kurang jelas ataupun keliru, silahkan teman-teman berikan komentarnya dibawah. Dan mungkin sekiranya artikel ini membantu, silahkan teman-teman bagikan artikel ini lewat whatsapp, instagram, facebook dan lain-lain.