Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Berikut ini hal-hal yang dibolehkan bagi perempuan yang sedang haid, kecuali...

Berikut ini hal-hal yang dibolehkan bagi perempuan yang sedang haid, kecuali...

Halo gaes kembali lagi diwebsite saya, pada pembahasan kali ini saya akan membagikan sebuah kunci jawaban yang akan memudahkan teman-teman dalam mengerjakan tugas sekolah. Nah pada artikel kali ini saya akan bahas pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti atau PAI.

Untuk tingkat atau jenjangnya yaitu untuk Kelas VII SMP/MTs untuk ketentuan bukunya, soal-soal yang akan saya bahas kunci jawabannya ini terdapat dalam Buku Kemdikbud Kurikulum 2013 Revisi tahun 2017.

Secara detailnya, saya akan bahas Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 42 - 44 Ayo Berlatih dan terdapat pada Bab 3 Semua Bersih, Hidup Jadi Nyaman Semoga dengan adanya artikel seputar kunci jawaban ini bisa membantu teman-teman atau siswa-siswa dalam mengerjakan Tugas Sekolah dan membantu para guru dalam memberikan pelajaran kepada muridnya.

Berikut ini hal-hal yang dibolehkan bagi perempuan yang sedang haid, kecuali... A. berpuasa B. mendengarkan ceramah C. zikir dan beristighfar D. mendengar azan
Disclaimer : Kunci Jawaban yang saya tulis diwebsite ini tidak menjadi patokan pasti benar, saya hanya membantu dan silahkan cek lagi apabila jawaban yang saya berikan kurang memuaskan

 

Soal dan Jawaban :

9. Berikut ini hal-hal yang dibolehkan bagi perempuan yang sedang haid, kecuali...
A. berpuasa
B. mendengarkan ceramah
C. zikir dan beristighfar
D. mendengar azan
Jawaban: 
A. berpuasa

Pembahasan :
Perempuan yang sedang haid atau nifas dianggap dalam keadaan berhadas sehingga ia dilarang melakukan ibadah-ibadah tertentu dalam Islam, antara lain:
1. Shalat
Kewajiban shalat gugur pada perempuan yang sedang mengalami haid, baik itu shalat wajib maupun shalat sunnah. Penyebab larangannya adalah syarat sah shalat adalah suci dari hadas, sedangkan perempuan yang sedang haid dalam keadaan yang tidak suci sampai darahnya berhenti dan mandi janabah (mandi wajib).

2. Puasa
Perempuan yang sedang haid tidak boleh melakukan puasa, baik itu puasa Ramadhan atau puasa sunnah. Jikapun dilaksanakan, maka puasanya tidak diterima oleh Allah SWT.

3. Berhubungan badan suami istri
Berhubungan badan bagi suami istri dianggap sedekah dan bernilai ibadah. Namun, bagi perempuan haid, hubungan suami istri dilarang dan termasuk dosa besar.

4. Menyentuh dan membaca Al-Qur'an
Mushaf Al-Qur'an suci. Oleh karenanya, disunnahkan untuk berwudhu sebelum menyentuh dan membacanya. Sebaliknya, bagi perempuan yang haid dilarang menyentuh dan membaca Alqur'an karena sedang dalam keadaan tidak suci.

Namun, terdapat perkecualian ketika wanita haid membaca Al-Qu'ran tanpa mushaf untuk doa dan zikir. Mereka boleh membaca karena tujuannya untuk berzikir dan menjaga diri, bukan diniatkan untuk membaca Al-Qur'an. Selain itu, wanita haid dapat pula membaca Al-Quran tanpa mushaf, dengan syarat membacanya dalam hati, menggerakkan bibir, tanpa mengeluarkan suara.

5. Berdiam diri di masjid
Larangan bagi perempuan haid selanjutnya adalah berdiam diri di masjid berdasarkan firman Allah SWT dalam surah An-Nisa:43, "Wahai orang yang beriman! Janganlah kamu mendekati shalat ketika kamu dalam keadaan mabuk, sampai sadar apa yang kamu ucapkan, dan jangan pula [kamu hampiri masjid ketika kamu] dalam keadaan junub kecuali sekedar melewati saja, sebelum kamu mandi [mandi junub]."

Berdasarkan hal tersebut, para ulama mengqiaskan keadaan junub atau tidak suci tersebut dengan keadaan haid atau nifas yang dialami perempuan. Oleh karenanya, wanita dalam kondisi haid atau nifas dilarang berdiam diri di masjid.

6. Tawaf
Perempuan haid atau nifas dilarang melakukan tawaf untuk mengelilingi Ka'bah. Rujukannya adalah riwayat ketika Aisyah RA mengalami menstruasi saat sedang berhaji, Nabi Muhammad bersabda padanya, "Lakukanlah segala sesuatu yang dilakukan orang yang berhaji selain dari melakukan tawaf di Ka’bah hingga engkau suci kembali,” (H.R. Bukhari dan Muslim).

Penutup

yak itulah tadi pembahasan Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 42 - 44 Ayo Berlatih. Jika sekiranya ada yang kurang jelas ataupun keliru, silahkan teman-teman berikan komentarnya dibawah. Dan mungkin sekiranya artikel ini membantu, silahkan teman-teman bagikan artikel ini lewat whatsapp, instagram, facebook dan lain-lain.