Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Hadits tersebut berisi larangan ....

Hadits tersebut berisi larangan ....

Halo gaes kembali lagi diwebsite saya, pada pembahasan kali ini saya akan membagikan sebuah kunci jawaban yang akan memudahkan teman-teman dalam mengerjakan tugas sekolah. Nah pada artikel kali ini saya akan bahas pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti atau PAI.

Untuk tingkat atau jenjangnya yaitu untuk Kelas VIII SMP/MTs untuk ketentuan bukunya, soal-soal yang akan saya bahas kunci jawabannya ini terdapat dalam Buku Kemdikbud Kurikulum 2013 Revisi tahun 2017.

Secara detailnya, saya akan bahas Kunci Jawaban PAI Kelas 8 Halaman 190 - 192 Ayo Berlatih dan terdapat pada Bab 10 Menghiasi Pribadi dengan Berbaik Sangka dan Beramal Saleh. Semoga dengan adanya artikel seputar kunci jawaban ini bisa membantu teman-teman atau siswa-siswa dalam mengerjakan Tugas Sekolah dan membantu para guru dalam memberikan pelajaran kepada muridnya.

Hadits tersebut berisi larangan .... a. Berkata dusta b. Pamer c. Berburuk sangka d. Bermalas-malasan

Disclaimer : Kunci Jawaban yang saya tulis diwebsite ini tidak menjadi patokan pasti benar, saya hanya membantu dan silahkan cek lagi apabila jawaban yang saya berikan kurang memuaskan

 

Soal dan Jawaban :

6. Hadits tersebut berisi larangan ....
a. Berkata dusta
b. Pamer
c. Berburuk sangka
d. Bermalas-malasan
Jawaban : 
c. Berburuk sangka
 
Pembahasan :      
Hadis tersebut berisi larangan C.berburuk sangka.

اياكم و الظن فان لظن اكذب الحديث

Artinya :  

"Berhati-hatilah kalian dari tindakan berprasangka buruk, karena prasangka buruk adalah sedusta-dusta ucapan".

Suudzon: perperasangka buruk terhadap seseorang, walaupun kita tidak mempunya bukti-bukti yang bisa dipercaya .

contoh : "ih si anu tiap hari beli barang bagus mulu, jangan-jangan korupsi"

Hal tersebut tidak diperbolehkan sebagaimana Allah telah berfirman dalam surat Al-Hujurat ayat 12.

Surat Al-Hujurat ayat 12 :  

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ ۖ وَلَا تَجَسَّسُوا وَلَا يَغْتَبْ بَعْضُكُمْ بَعْضًا ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَنْ يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَحِيمٌ

Artinya : Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.

Alasan kenapa kita tidak di perbolehkan Suudzon :

1. Berprasangka buruk atau suudzon dapat mendatangkan dosa.

2. Membuat kita sulit untuk berbahagia.

3. Prasangka buruk dapat menghancurkan hubungan keharmonisan, baik kepada kerabat, temana, sahabat atau dalam lingkungan masyarakat. Oleh karena itu prasangka buruk sangat dilarang.

Penutup

yak itulah tadi pembahasan Kunci Jawaban PAI Kelas 8 Halaman 190, 191, 192 Ayo Berlatih. Jika sekiranya ada yang kurang jelas ataupun keliru, silahkan teman-teman berikan komentarnya dibawah. Dan mungkin sekiranya artikel ini membantu, silahkan teman-teman bagikan artikel ini lewat whatsapp, instagram, facebook dan lain-lain.