Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jelaskan cara menerapkan kejujuran di rumah ?

Jelaskan cara menerapkan kejujuran di rumah ?

Halo gaes kembali lagi diwebsite saya, pada pembahasan kali ini saya akan membagikan sebuah kunci jawaban yang akan memudahkan teman-teman dalam mengerjakan tugas sekolah. Nah pada artikel kali ini saya akan bahas pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti atau PAI.

Untuk tingkat atau jenjangnya yaitu untuk Kelas VIII SMP/MTs untuk ketentuan bukunya, soal-soal yang akan saya bahas kunci jawabannya ini terdapat dalam Buku Kemdikbud Kurikulum 2013 Revisi tahun 2017.

Secara detailnya, saya akan bahas Kunci Jawaban PAI Kelas 8 Halaman 52 - 54 Ayo Berlatih dan terdapat pada Bab III Mengutamakan Kejujuran dan Menegakkan Keadilan Semoga dengan adanya artikel seputar kunci jawaban ini bisa membantu teman-teman atau siswa-siswa dalam mengerjakan Tugas Sekolah dan membantu para guru dalam memberikan pelajaran kepada muridnya.

Jelaskan cara menerapkan kejujuran di rumah ?

Disclaimer : Kunci Jawaban yang saya tulis diwebsite ini tidak menjadi patokan pasti benar, saya hanya membantu dan silahkan cek lagi apabila jawaban yang saya berikan kurang memuaskan

 

Soal dan Jawaban :

5. Jelaskan cara menerapkan kejujuran di rumah ?
Jawaban :   
Contoh penerapan perilaku jujur dirumah :
  • Bersikap jujur dalam memberikan uang kembalian bila diminta belanja oleh ibu kita
  • Mengakui bila merusak barang orang tua atau saudara kita
  • Tidak berbohong dan ijin kepada orang tua bila akan pergi keluar rumah
  • Tidak memakai barang orang lain tanpa ijin
  • Tidak memakan makanan yang bukan milik kita
  • Menjalankan tugas d-tugas rumah secara benar dan hingga selesai
  • Belajar dengan rajin dan mengerjakan PR dari sekolah
Pembahasan :         
Jujur yaitu berkata dengan sebenar-benarnya dan sesuai antara lisan dan apa yang ada dalam hatinya. Berkata jujur berarti berkata apa adanya sesuai dangan fakta dan realita tanpa menyembunyikan kebenaran.

Dalil Naqli mengenai perintah berkata jujur dalam Al Quran :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَكُونُوا مَعَ الصَّادِقِينَ

“Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar.” (QS. At Taubah: 119).


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا

يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ ۗ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا

________________________________________

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar, niscaya Allah memperbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Dan barangsiapa mentaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar. (Q.S. Al Ahzab 70-71)

Penutup

yak itulah tadi pembahasan Kunci Jawaban PAI Kelas 8 Halaman 52,53, 54 Ayo Berlatih. Jika sekiranya ada yang kurang jelas ataupun keliru, silahkan teman-teman berikan komentarnya dibawah. Dan mungkin sekiranya artikel ini membantu, silahkan teman-teman bagikan artikel ini lewat whatsapp, instagram, facebook dan lain-lain.