Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jelaskan mengapa kita harus menghormati dan mematuhi kepada orang tua !

Jelaskan mengapa kita harus menghormati dan mematuhi kepada orang tua !

Halo gaes kembali lagi diwebsite saya, pada pembahasan kali ini saya akan membagikan sebuah kunci jawaban yang akan memudahkan teman-teman dalam mengerjakan tugas sekolah. Nah pada artikel kali ini saya akan bahas pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti atau PAI.

Untuk tingkat atau jenjangnya yaitu untuk Kelas VIII SMP/MTs untuk ketentuan bukunya, soal-soal yang akan saya bahas kunci jawabannya ini terdapat dalam Buku Kemdikbud Kurikulum 2013 Revisi tahun 2017.

Secara detailnya, saya akan bahas Kunci Jawaban PAI Kelas 8 Halaman 171 - 173 Ayo Berlatih dan terdapat pada Bab 9 Hormat dan Patuh kepada Orang Tua dan Guru. Semoga dengan adanya artikel seputar kunci jawaban ini bisa membantu teman-teman atau siswa-siswa dalam mengerjakan Tugas Sekolah dan membantu para guru dalam memberikan pelajaran kepada muridnya.

Jelaskan mengapa kita harus menghormati dan mematuhi kepada orang tua !

Disclaimer : Kunci Jawaban yang saya tulis diwebsite ini tidak menjadi patokan pasti benar, saya hanya membantu dan silahkan cek lagi apabila jawaban yang saya berikan kurang memuaskan

 

Soal dan Jawaban :

1. Jelaskan mengapa kita harus menghormati dan mematuhi kepada orang tua !
Jawaban: 
Alasan mengapa kita harus menghormati dan mematuhi kepada orang tua adalah karena karena orang tua adalah orang yang paling berjasa dalam hidup kita, dan Allah memerintahkan kita untuk hormat dan patuh pada orang tua. Rida Allah tergantung pada rida orang tua, dan murka Allah tergantung kepada murka orang tua. 

Pembahasan : 
Agama Islam mengajarkan kepada kita sebagai umatnya untuk berperilaku hormat dan patuh kepada orang tua, karena orang tua adalah orang yang paling berjasa dalam hidup kita. Orang tua kita di rumah adalah ibu dan ayah. Ayah adalah orang yang paling bertanggung jawab atas kesejahteraan keluarga di rumah, sedangkan ibu adalah orang yang mengandung dan melahirkan kita, kemudian menyusui, merawat dan mendidik kita sehingga kita dewasa. Salah satu cara paling mudah dalam menggapai rida Allah adalah melalui birrul walidain, karena rida Allah tergantung pada rida orang tua, dan murka Allah tergantung kepada murka orang tua.

Birrul walidain adalah kalimat berbahasa arab yang artinya berbuat baik atau berbakti kepada orang tua. Anak yang berbakti kepada orang tua pasti hidupnya bahagia. Contoh perilaku berbakti kepada orang tua adalah belajar dengan sungguh-sungguh, membantu orang tua mengerjakan pekerjaan rumah dan berusaha menjadi anak saleh. Contoh lain yang termasuk birrul walidain adalah merawat orang tua sedang terbaring sakit dengan ikhlas dan penuh kasih sayang serta melayani orang tua ketika mereka berusia lanjut, karena yang bertugas melayaninya dengan baik adalah putra putrinya.

Penutup

yak itulah tadi pembahasan Kunci Jawaban PAI Kelas 8 Halaman 171, 172, 173 Ayo Berlatih. Jika sekiranya ada yang kurang jelas ataupun keliru, silahkan teman-teman berikan komentarnya dibawah. Dan mungkin sekiranya artikel ini membantu, silahkan teman-teman bagikan artikel ini lewat whatsapp, instagram, facebook dan lain-lain.