Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jelaskan pengertian jujur!

Jelaskan pengertian jujur!

Halo gaes kembali lagi diwebsite saya, pada pembahasan kali ini saya akan membagikan sebuah kunci jawaban yang akan memudahkan teman-teman dalam mengerjakan tugas sekolah. Nah pada artikel kali ini saya akan bahas pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti atau PAI.

Untuk tingkat atau jenjangnya yaitu untuk Kelas IX SMP/MTs untuk ketentuan bukunya, soal-soal yang akan saya bahas kunci jawabannya ini terdapat dalam Buku Kemdikbud Kurikulum 2013 Revisi tahun 2018.

Secara detailnya, saya akan bahas Kunci Jawaban PAI Kelas 9 Halaman 38 - 40 Ayo Berlatih dan terdapat pada Bab 2 Jujur dan Menepati Janji. Semoga dengan adanya artikel seputar kunci jawaban ini bisa membantu teman-teman atau siswa-siswa dalam mengerjakan Tugas Sekolah dan membantu para guru dalam memberikan pelajaran kepada muridnya.

Jelaskan pengertian jujur!

Disclaimer : Kunci Jawaban yang saya tulis diwebsite ini tidak menjadi patokan pasti benar, saya hanya membantu dan silahkan cek lagi apabila jawaban yang saya berikan kurang memuaskan
 

Soal dan Jawaban  :

1. Jelaskan pengertian jujur!
Jawaban: 
Jujur adalah suatu perilaku yang menunjukkan kesesuaian antara perkataan dengan kenyataan. Adapun manfaat yang akan didapat apabila menerapkan sikap jujur dapat dipercaya oleh orang lain dan membangun kepercayaan dari orang lain merupakan hal yang sulit. Membiasakan berbuat jujur akan

Pembahasan :   
Jujur merupakan sebuah perilaku yang mencerminkan adanya keserasian dan kesesuaian antara perketaaan, hati, dan perbuatan. Seseorang dapat dikatakan jujur apabila yang diniatkan di hatinya, dilisankan atau diucapkan oleh mulutnya, serta apa yang diperbuatnya berbanding lurus atau memiliki kesesuaian. Jujur adalah sifat yang baik dan menjadi salah satu sifat dasar manusia. Pengetian jujur dari segi bahasa berarti berkata, mengakui, atau memberi tahu sebuah informasi yang sesuai dengan kenyataannya atau yang benar-benar terjadi.

Kata jujur berasal dari Bahasa Arab, yaitu sama dengan “siddiq” atau “as-sidqu” yang memiliki arti nyata, benar, atau berkata benar. Istilah Siddiq atau jujur memiliki arti kesesuaian antara informasi dan kenyataan, kesesuaian antara ucapan dan perbuatan, kemantapan dan ketegasan hati, atau sesuatu yang baik dan tidak dicampuri kedustaan. Adapun macam-macam sifat jujur yang terdapat dalam agama Islam, antara lain :
  • Shidq Al-Qalbi, sifat jujur yang penerapannya terdapat pada niat manusia.
  • Shidq Al-Hadits, sifat jujur yang penerapannya terdapat dalam perkataan yang diucapkan manusia.
  • Shidq Al-Amal, sifat jujur yang penerapannya terdapat dalam perbuatan manusia.
  • Shidq Al –Wa’d, sifat jujur yang penerapannya terdapat dalam janji yang diucapkan manusia.
  • Shidq Al-Hall, sifat jujur yang penerapannya terdapat pada kenyataan yang terjadi pada hidup manusia.

Penutup

yak itulah tadi pembahasan Kunci Jawaban PAI Kelas 9 Halaman 38, 39, 40 Ayo Berlatih. Jika sekiranya ada yang kurang jelas ataupun keliru, silahkan teman-teman berikan komentarnya dibawah. Dan mungkin sekiranya artikel ini membantu, silahkan teman-teman bagikan artikel ini lewat whatsapp, instagram, facebook dan lain-lain.