Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kejujuran peserta didik pada saat mengerjakan ulangan akan sangat membantu bapak ibu guru karena....

Kejujuran peserta didik pada saat mengerjakan ulangan akan sangat membantu bapak ibu guru karena ....

Halo gaes kembali lagi diwebsite saya, pada pembahasan kali ini saya akan membagikan sebuah kunci jawaban yang akan memudahkan teman-teman dalam mengerjakan tugas sekolah. Nah pada artikel kali ini saya akan bahas pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti atau PAI.

Untuk tingkat atau jenjangnya yaitu untuk Kelas VIII SMP/MTs untuk ketentuan bukunya, soal-soal yang akan saya bahas kunci jawabannya ini terdapat dalam Buku Kemdikbud Kurikulum 2013 Revisi tahun 2017.

Secara detailnya, saya akan bahas Kunci Jawaban PAI Kelas 8 Halaman 52 - 54 Ayo Berlatih dan terdapat pada Bab III Mengutamakan Kejujuran dan Menegakkan Keadilan Semoga dengan adanya artikel seputar kunci jawaban ini bisa membantu teman-teman atau siswa-siswa dalam mengerjakan Tugas Sekolah dan membantu para guru dalam memberikan pelajaran kepada muridnya.

Kejujuran peserta didik pada saat mengerjakan ulangan akan sangat membantu bapak ibu guru karena....

Disclaimer : Kunci Jawaban yang saya tulis diwebsite ini tidak menjadi patokan pasti benar, saya hanya membantu dan silahkan cek lagi apabila jawaban yang saya berikan kurang memuaskan

 

Soal dan Jawaban :

3. Kejujuran peserta didik pada saat mengerjakan ulangan akan sangat membantu bapak ibu guru karena ....
a. guru membutuhkan analisis hasil pembelajaran yang valid dan objektif
b. guru akan menghukum peserta didik yang curang
c. nilai ulangan harian peserta didik akan dilaporkan kepada kepala sekolah
d. nilai ulangan harian peserta didik dijadikan acuan bagi kebijakan pemerintah pusat
Jawaban :  
 a. guru membutuhkan analisis hasil pembelajaran yang valid dan objektif
 
Pembahasan : 
Kejujuran peserta didik pada saat mengerjakan ulangan akan sangat membantu bapak ibu guru karena Guru membutuhkan analisis hasil pembelajaran yang valid dan objektif .

Apabila peserta didik mengerjakan ulangan dengan jujur, maka hasil yang diperoleh merupakan hasil pemikiran sendiri. Sehingga guru dapat menilai sejauh mana siswa memahami dan menguasai materi. Berbeda jika siswa curang, guru tidak dapat mengukur apakah sebenarnya siswanya itu sudah benar-benar menguasai materi apa belom, karena curang banyak sebabnya, bisa saja karena malas berpikir, bisa juga karena belom faham.

Ingat, jujur diperintahkan dalam agama

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ غَشَّنَا فَلَيْسَ مِنَّا

“Barangsiapa yang menipu kami, maka ia tidak termasuk golongan kami.” (HR. Muslim dari Abu Hurairah) .

Dan

عَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ فَإِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِى إِلَى الْبِرِّ وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِى إِلَى الْجَنَّةِ وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَصْدُقُ وَيَتَحَرَّى الصِّدْقَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ صِدِّيقًا وَإِيَّاكُمْ وَالْكَذِبَ فَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِى إِلَى الْفُجُورِ وَإِنَّ الْفُجُورَ يَهْدِى إِلَى النَّارِ وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَكْذِبُ وَيَتَحَرَّى الْكَذِبَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ كَذَّابًا

“Hendaklah kalian senantiasa berlaku jujur, karena sesungguhnya kejujuran akan megantarkan pada kebaikan dan sesungguhnya kebaikan akan mengantarkan pada surga. Jika seseorang senantiasa berlaku jujur dan berusaha untuk jujur, maka dia akan dicatat di sisi Allah sebagai orang yang jujur. Hati-hatilah kalian dari berbuat dusta, karena sesungguhnya dusta akan mengantarkan kepada kejahatan dan kejahatan akan mengantarkan pada neraka. Jika seseorang sukanya berdusta dan berupaya untuk berdusta, maka ia akan dicatat di sisi Allah sebagai pendusta.” (HR. Muslim )

Penutup

yak itulah tadi pembahasan Kunci Jawaban PAI Kelas 8 Halaman 52,53, 54 Ayo Berlatih. Jika sekiranya ada yang kurang jelas ataupun keliru, silahkan teman-teman berikan komentarnya dibawah. Dan mungkin sekiranya artikel ini membantu, silahkan teman-teman bagikan artikel ini lewat whatsapp, instagram, facebook dan lain-lain.