Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Ketika ada orang memberi kepercayaan kepada kita, sikap kita seharusnya...

Ketika ada orang memberi kepercayaan kepada kita, sikap kita seharusnya...

Halo gaes kembali lagi diwebsite saya, pada pembahasan kali ini saya akan membagikan sebuah kunci jawaban yang akan memudahkan teman-teman dalam mengerjakan tugas sekolah. Nah pada artikel kali ini saya akan bahas pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti atau PAI.

Untuk tingkat atau jenjangnya yaitu untuk Kelas VII SMP/MTs untuk ketentuan bukunya, soal-soal yang akan saya bahas kunci jawabannya ini terdapat dalam Buku Kemdikbud Kurikulum 2013 Revisi tahun 2017.

Secara detailnya, saya akan bahas Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 27, 28, 29 Ayo Berlatih dan terdapat pada Bab 2 Hidup Tenang dengan Kejujuran, Amanah, dan Istiqamah Semoga dengan adanya artikel seputar kunci jawaban Pilihan Ganda dan Uraian ini bisa membantu teman-teman atau siswa-siswa dalam mengerjakan Tugas Sekolah dan membantu para guru dalam memberikan pelajaran kepada muridnya.

Ketika ada orang memberi kepercayaan kepada kita, sikap kita seharusnya...
Disclaimer : Kunci Jawaban yang saya tulis diwebsite ini tidak menjadi patokan pasti benar, saya hanya membantu dan silahkan cek lagi apabila jawaban yang saya berikan kurang memuaskan

 

Soal dan Jawaban :

6. Ketika ada orang memberi kepercayaan kepada kita, sikap kita seharusnya...
A. menolak karena tidak mampu
B. menerima meskipun tidak mampu
C. menerima dan menjalankan sesuai kemampuan
D. menghargai kepada yang memberi tugas
Jawaban : 
C. menerima dan menjalankan sesuai kemampuan
 
Pembahasan :

Perilaku amanah merupakan salah satu bagian dari perilaku terpuji atau bagian dari akhlakul karimah jika menggunakan istilah dalam ajaran islam. Kebalikan dari perilaku amanah adalah perilaku khianat. Sehingga khianat merupakan salah satu bagian dari perilaku tercela atau bagian dari akhlakul mazmumah jika menggunakan istilah dalam ajaran islam.

Perilaku amanah akan membuat seseorang terhindar dari salah satu ciri orang munafik. Ciri orang munafik yang terhindar jika kita merupakan orang yang amanah adalah khianat. Hal ini sesuai dengan hadist nabi yang menjelaskan tentang ciri-ciri orang munafik adalah

  • Mengingkari suatu janji yang telah di buat
  • Berbohong dalam segala ucapan dan perbuatan yang dilakukan
  • Mengkhianati amanah yang telah diberikan kepada-Nya

Perilaku amanah merupakan salah satu bagian dari perilaku yang harus dimiliki oleh umat islam. Karena perilaku amanah akan mendatangkan banyak sekali manfaat bagi seseorang yang mempraktikkannya . Contoh manfaat atau hikmah yang di dapatkan oleh orang yang amanah antara lain adalah

  • Mendapat pahala dari Allah
  • Dapat memberatkan timbangan amalan kebaikan kelak di hari kiamat
  • Membuat orang lain menjadi lebih percaya kepada kita  
  • Membuat orang lain senang dan akan menyanjungi kita
  • Derajat di masyarakat menjadi lebih tinggi
  • Lebih mudah untuk mendapatkan suatu pekerjaan

Penutup

yak itulah tadi pembahasan Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 27, 28, 29 Ayo Berlatih. Jika sekiranya ada yang kurang jelas ataupun keliru, silahkan teman-teman berikan komentarnya dibawah. Dan mungkin sekiranya artikel ini membantu, silahkan teman-teman bagikan artikel ini lewat whatsapp, instagram, facebook dan lain-lain.