Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut Kelas 11 Halaman 3 - 5 Kegiatan 1 Tabel 1.1 Bab 1

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut: Cakap Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA Kelas 11 halaman 3 - 5 Pembahasan kali ini kita akan bahas Kegiatan 1 Menganalisis teks deskripsi yang disimak. Tabel 1.1 Pernyataan benar atau salah berdasarkan teks yang disimak yang ada pada buku paket Bahasa Indonesia Halaman 3 - 5 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas XI SMA/SMK/MA/MAK. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 1 Membicarakan Teks Deskripsi Bertema Keindahan Alam Indonesia ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Kegiatan 1 Tabel 1.1 Bab 1 Hal 3 - 5 Bahasa Indonesia Kls 11
 
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 3 - 5 Kegiatan 1 Tabel 1.1 Bab 1

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 3 - 5 Kegiatan 1 Tabel 1.1 Bab 1

Tabel 1.1 Pernyataan benar atau salah berdasarkan teks yang disimak Kegiatan 1 Bab 1

Soal dan Jawaban :
1. Teks tersebut secara umum mendeskripsikan Candi Borobudur. Candi Borobudur yang dideskripsikan tersebut digambarkan sebagai candi Budha yang paling besar dan mewah yang ada di Indonesia.
Jawaban : Benar.
Bukti informasi: Candi Borobudur adalah candi Budha yang paling besar dan mewah yang ada di Indonesia.

2. Tingkat pertama paling bawah dari Candi Borobudur disebut dengan Kamadatu. Pada bagian akhir ini, terdapat relief yang berjumlah 160 buah.
Jawaban : Benar.
Bukti informasi: Tingkat pertama paling bawah disebut dengan Kamadatu. Pada bagian akhir tingkatan ini, terdapat relief yang berjumlah 160 buah.

3. Tingkat kedua Candi Borobudur disebut Rupadatu. Di sini, terdapat 1300 relief. Pada tingkat kedua ini pula terdapat patung Budha berukuran kecil. Jumlah keseluruhan patung Budha sebanyak 432 patung.
Jawaban : Benar.
Bukti informasi: Tingkat kedua disebut Rupadatu, berupa empat buah teras. Teras itu seolah membentuk lorong yang berputar. Pada tingkat Rupadatu, terdapat 1300 relief. Pada tingkat kedua ini pula terdapat patung Budha berukuran kecil. Jumlah keseluruhan patung Budha sebanyak 432 patung.

4. Tingkat paling atas dari Candi Borobudur adalah Arupadatu. Pada tingkat ini, sama sekali tidak ada hiasan relief pada dindingnya. Bentuk dari lantai Arupadatu, yaitu lingkaran. Di sini, ada 72 stupa kecil.
Jawaban : benar.
Bukti informasi: Tingkat paling atas dinamakan Arupadatu. Khusus untuk tingkat ini, sama sekali tidak ada hiasan relief pada dindingnya. Bentuk dari lantai Arupadatu berupa lingkaran. Di sini, ada 72 stupa kecil.

5. Teks tersebut menggambarkan Candi Borobudur secara berurutan, dari tingkat bawah sampai ke bagian paling atas.
Jawaban : Benar.
Bukti informasi: Candi Borobudur terdiri dari tiga tingkatan. Tingkat pertama paling bawah disebut dengan Kamadatu.
Tingkat kedua disebut Rupadatu, berupa empat buah teras.
Tingkat paling atas dinamakan Arupadatu.