Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 149 Latihan Tabel 5.1 Bab 5

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut: Cakap Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA Kelas 11 halaman 149 Pembahasan kali ini kita akan bahas Latihan Tabel 5.1 Mengevaluasi teks puisi yang ada pada buku paket Bahasa Indonesia Halaman 149 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas XI SMA/SMK/MA/MAK. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 5 Mengembangkan Apresiasi Puisi Bertema Kehidupan Bermakna ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Latihan Tabel 5.1 Hal 137 - 138 Bahasa Indonesia Kls 11
 
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 149 Latihan Tabel 5.1 Bab 5

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 149 Latihan Tabel 5.1 Bab 5

Tabel 5.1 Mengevaluasi teks puisi

Soal dan Jawaban :
Kerjakan latihan sesuai langkah-langkah berikut ini.
1. Bacalah teks puisi “Hujan Bulan Juni” karya Sapardi Djoko Damono. Lalu, tulislah hasil evaluasi gagasan teks puisi tersebut dalam tabel berikut ini.

1. Setujukah kamu dengan pendapat yang menyatakan bahwa gagasan puisi “Hujan Bulan Juni” adalah penantian yang tabah, bijak, dan arif sehingga berujung pada kebahagiaan; kerinduan yang tidak pernah diungkapkan; upaya menghapus masa lalu yang menimbulkan keraguan. Mengapa?
Jawaban:
Setuju, puisi tersebut mengandung gagasan untuk tabah, bijak, dan arif.

2. Setujukah kamu dengan pendapat yang menyatakan bahwa gagasan utama dalam teks puisi tersebut mengandung estetika dan makna? Mengapa?
Jawaban:
Ya, puisi tersebut mengandung nilai estetika dan makna. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya analogi kehidupan manusia sebagai Hujan Bulan Juni.

3. Bagaimana gagasan utama puisi tersebut menurutmu?
Jawaban:
Gagasan utama dalam teks puisi tersebut adalah penyair ingin menyampaikan pesan untuk bersikap teguh, bijak, dan arif dalam menghadapi cobaan apapun.

Kesimpulan hasil evaluasi gagasan utama dalam teks puisi “Hujan Bulan Juni” karya Sapardi Djoko Damono:
Jawaban:
Puisi tersebut sangat bagus karena diksi, pengimajinasian, dan kata kongkret yang dipilih sesuai dan cocok.