Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 179 - 180 Kegiatan 2 Bab 6

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk Kelas 11 halaman 179 - 180 Pembahasan kali ini kita akan bahas Kegiatan 2 Memahami karya ilmiah “Status Kondisi Terumbu Karang di Teluk Ambon” (Widyariset – LIPI). yang ada pada buku paket Bahasa Indonesia Halaman 179 - 180 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas XI SMA/SMK/MA/MAK. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 6 Berperan dalam Konservasi Alam Indonesia lewat Karya Ilmiah ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Kegiatan 2 Hal 179 - 180 Bab 6 Bahasa Indonesia Kls 11
 
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 179 - 180 Kegiatan 2 Bab 6

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 179 - 180 Kegiatan 2 Bab 6

Kegiatan 2 Memahami karya ilmiah “Status Kondisi Terumbu Karang di Teluk Ambon” (Widyariset – LIPI).

Soal
Setelah membaca karya ilmiah "Status Kondisi Terumbu Karang di Teluk Ambon" karya Terry Indrabudi dan Robert Alik di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut bersama kelompok membaca kalian.
 
1. Temukan arti kosakata di bawah ini dengan menggunakan Kamus
Besar Bahasa Indonesia!
a. sedimen
b. polutan
c. antropogenik
d. ekologis
e. substrat
f. terumbu karang
g. bentos
h. abiotik
i. salinitas
j. signifikan
k. turbiditas
Jawaban :
  • a. Sedimen: Benda padat berupa serbuk yang terpisah dari cairan dan mengendap di dasar bejana.
  • b. polutan: Bahan yang mengakibatkan polusi.
  • c. antropogenik: Bersifat buatan manusia.
  • d. ekologis: Bersifat ekologi.
  • e. substrat: Landasan; alas; dasar; dasar hidup jasad.
  • f. terumbu karang: Ekosistem bawah laut yang dibangun oleh zat yang dihasilkan oleh sekelompok biota laut hingga membentuk struktur semacam batu kapur, menjadi habitat hidup berbagai satwa laut.
  • g. bentos: Organisme yang mendiami daerah dasar perairan.
  • h. abiotik: Tidak memiliki ciri hidup; tidak hidup.
  • i. salinitas: Tingkat kandungan garam air laut, danau, sungai dihitung dalam ‰ (perseribu).
  • j. signifikan: Penting; berarti.
  • k. turbiditas: Kekeruhan.

2.Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini.
a. Berdasarkan peta yang terdapat pada karya ilmiah tersebut, di manakah lokasi terumbu karang yang diteliti?
b. Mengapa kondisi terumbu karang itu diteliti? Jelaskan jawabanmu.
c. Apa yang menyebabkan penurunan penutupan karang hidup? Jelaskan jawabanmu.
d. Mengapa aktivitas perkapalan mempunyai andil dalam kerusakan terumbu karang?
e. Sebutkan stasiun-stasiun pengamatan yang mengalami peningkatan penutupan karang di tahun 2015 dibanding tahun 2012! Jelaskan kegiatan-kegiatan yang dapat menunjang hal itu berdasarkan karya ilmiah di atas!
f. Perhatikan grafik dan teks pada St. Liliboy (Gambar 2) dan St. Hative (Gambar 3). Tuliskan perbedaan pada kedua teks tersebut!
g. Perhatikan grafik dan teks pada St. Eri (Gambar 4) dan St. Batu Capeu (Gambar 5). Tuliskan persamaan pada kedua teks tersebut!
h. Sebutkan contoh pernyataan yang berupa fakta dari karya ilmiah di atas! Jelaskan pendapatmu!
i. Sebutkan contoh pernyataan yang berupa opini dari karya ilmiah di atas! Jelaskan pendapatmu!
j. Apakah hubungan antara sedimentasi akibat erosi air hujan dengan keberlangsungan terumbu karang?
k. Bagaimana pendapatmu mengenai usaha pemerintah untuk mengajak masyarakat turut andil dalam pariwisata di daerah Teluk Ambon?
Jawaban :
  • a. Lokasi terumbu karang diteliti berada di Teluk Ambon, Pulau Ambon.
  • b. Supaya kondisi terumbu karang terkini dapat diketahui. Hasil penelitian ini akan dibandingkan dengan penelitian-penelitian sebelumnya.
  • c. Penurunan penutupan karang hidup disebabkan oleh bertambahnya kondisi sedimen dan polutan yang terdapat pada perairan.
  • d. Karena jangkar kapal yang mengenai terumbu karang dapat merusak terumbu karang tersebut. Emisi buangan dari mesin kapal juga merusak terumbu karang.
  • e. Tutupan karang meningkat di St. Liliboy, St. Eri, dan St. Batu Capeu. Peningkatan penutupan karang di ketiga stasiun itu karena kualitas perairan relatif lebih baik. Jika dibanding dengan tahun 2012, rata-rata karang hidup hanya 39,06%. di St. Eri dukungan peran pemerintah daerah dalam mengembangkan pariwisata mengakibatkan penduduk sekitar turut menjaga kondisi perairan. Di St. Batu Capeu, penduduk semakin sadar untuk tidak menangkap ikan menggunakan potassium dan bom.
  • f. Grafik dan teks pada St. Liliboy (Gambar 2) dan St. Hative Besar (Gambar 3) menunjukkan perbedaan persentase komponen pasir (sand [S]) yang berbeda. Pada St. Hative Besar dijumpai pasir sebanyak 57,4%, sedangkan di St. Liliboy hanya terdapat 4% pasir (sand [S]).
  • g. Persamaan pada Stasiun Eri dan Stasiun Batu Capeu adalah sama-sama ditemukan coral massive yang cukup besar.
  • h. ditemukannya penurunan rata-rata karang hidup di Teluk Ambon dari awalnya 39,06% pada 2012 menjadi 31,43% pada tahun 2015. Penurunan itu terjadi karena tingginya penutupan terumbu karang akibat meningkatnya sedimentasi dan polutan yang ada di perairan.
  • i. Kendati demikian, terumbu karang di Indonesia saat ini mengalami banyak tekanan, baik tekanan dari alam maupun dari manusia.
  • j. Sedimentasi akibat erosi air hujan mengakibatkan kekeruhan air laut meningkat. Air laut yang keruh mengurangi cahaya yang dibutuhkan zooxanthellae untuk fotosintesis.
  • k. Silahkan teman teman isi yaaa

3. Berdasarkan karya ilmiah "Status Kondisi Terumbu Karang di Teluk Ambon", isilah tabel berikut ini sesuai dengan pengamatan kalian tentang muatan dalam bagian tersebut menurut sistematika karya ilmiah.
Jawaban :
1. Bagian awal
Isi/Muatan pada Bagian Karya Ilmiah: Bagin Abstrak
2. Bagian inti
pendahuluan, metode penelitian, analisis data, hasil dan pembahasan, kesimpulan, ucapan terima kasih
3. Bagian Akhir
Isi/Muatan pada Bagian Karya Ilmiah: Bagian ucapan terima kasih atau daftar pustka

4. Bagaimana pendapat kalian mengenai judul dari karya ilmiah tersebut? Apakah judul itu telah mewakili isi karya ilmiah? Jelaskan pendapat kalian!
Jawaban:
Judul penelitian sudah menggambarkan topik dan lokasi penelitian, namun belum menggambarkan metode penelitian yang digunakan.