Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 146 Kegiatan 4 Bab 5

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk Kelas 11 halaman 146 Pembahasan kali ini kita akan bahas Kegiatan 4 Berlatihlah mengubah cerita pendek ke dalam bentuk naskah drama. yang ada pada buku paket Bahasa Indonesia Halaman 146 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas XI SMA/SMK/MA/MAK. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 5 Mengenal Keberagaman Indonesia lewat Pertunjukan Drama ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Kegiatan 4 Hal 146 Bab 5 Bahasa Indonesia Kls 11
 
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 146 Kegiatan 4 Bab 5

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 146 Kegiatan 4 Bab 5

Kegiatan 4 Berlatihlah mengubah cerita pendek ke dalam bentuk naskah drama.

Soal
Dalam kelompok diskusi yang terdiri atas 4-5 siswa, jawablah pertanyaan- pertanyaan di bawah ini untuk mempersiapkan penulisan naskah drama berdasarkan cerpen “Wayang Potehi: Cinta yang Pupus”. Jangan lupa gunakan kalimat yang baik untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.
 
1. Cerpen “Wayang Potehi: Cinta yang Pupus” jika dibuat naskah drama akan menjadi lima babak atau adegan. Identifikasilah tokoh-tokoh yang akan terlibat dalam setiap babaknya! Jelaskan ciri-ciri fisik dan perwatakan dari setiap tokoh tersebut!
Jawaban:
  • Joko Sudiro suku Jawa; beragama Islam; ; dia mengenakan peci dan sarung sepulang dari masjid salat Isya.
  • Mei Wang Tionghoa; beragama Kristen; dia pergi ke gereja bersama teman-temannya hari Minggu pagi.

2. Bagaimana tata panggung dari setiap babak harus dipersiapkan sehingga bisa menggambarkan latar tempat, latar waktu, dan latar suasana dalam cerpen tersebut? Lengkapi penjelasan tata panggung dengan perlengkapan panggung yang harus disediakan dalam kelima babak tersebut!
Jawaban:
Latar waktu adalah April 1998. Bukti ada kutipan: “Untungnya, tak sampai sebulan rezim itu tumbang” (Rezim tumbang Mei 1998).

3. Identifikasilah dan jelaskan bagaimana kostum dan tata wajah yang harus dikenakan oleh para pemain peran dalam kelima babak tersebut sehingga bisa mewakili isi cerita dari cerpen!
Jawaban:
Kostum yang harus dikenakan oleh Joko adalah pakaian-pakaian yang menggambarkan bahwa dia adalah orang Jawa, sedangkan pakaian yang dikenakan oleh Mei adalah pakaian khas Tionghoa.
Tata wajah keduanya harus terlihat sedih.

4. Musik dan efek suara adalah hal yang harus diperhatikan di dalam setiap babak. Jelaskan bagaimana jenis musik dan efek suara harus dipersiapkan dari kelima babak tersebut!
Jawaban:
Babak 1: suara pertunjukan wayang
Babak 2: suara musik pelan diselingi tawa
Babak 3: suara gaduh yang mencekam
Babak 4: suara musik pelan
Babak 5: suara musik seram

5. Pertunjukan juga harus didukung oleh efek tata lampu. Identifikasi dan jelaskan bagaimana tata lampu harus diatur dalam setiap babak sehingga bisa menggambarkan latar suasana dalam cerpen tersebut!
Jawaban:
Efek tata lampu harus disesuaikan dengan latar waktu dalam cerita juga. Jika latar waktunya siang, maka tata lampu juga harus lebih terang daripada ketika malam hari.