Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 190 Latihan Bab 6

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut: Cakap Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA Kelas 11 halaman 190 Pembahasan kali ini kita akan bahas Latihan Kegiatan 3 Mengapresiasi teks prosa yang disimak yang ada pada buku paket Bahasa Indonesia Halaman 190 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas XI SMA/SMK/MA/MAK. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 6 Mengembangkan Apresiasi Prosa Bertema Lingkungan ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Latihan Hal 190 Bahasa Indonesia Kls 11
 
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 190 Latihan Bab 6

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 190 Latihan Bab 6

Kegiatan 3 Mengapresiasi teks prosa yang disimak

Latihan
Kerjakan latihan mengapresiasi teks cerpen berikut ini.

1. Simaklah pembacaan cerpen “Lelaki yang Menderita bila Dipuji” karya Ahmad Tohari pada laman ancor.fm yang bisa diakses melalui kode QR berikut.
Jawaban :
Silahkan Teman-Teman simak cerpen tersebut terlebih dahulu yaaa

2. Bagian mana yang kalian hargai sebagai kelebihan atau kekuatan teks?
Jawaban:
Kelebihan dari cerpen “Lelaki yang Menderita bila Dipuji” karya Ahmad Tohari adalah gaya bahasa dan amanat yang tersirat. Ahmad Tohari berhasil menyampaikan pesan tersirat agar kita mau menghargai sesama manusia, mau bekerja keras agar dapat memberi penghidupan bagi dirinya dan orang lain, dan menyayangi sesama makhluk hidup, termasuk menyayangi burung kutilang. Hal itu tampak dari sikap dan perbuatan Mardanu yang melepas-liarkan burung kutilang yang telah lama dipeliharanya dalam sangkar.

3. Apa yang menarik perhatian kalian setelah selesai menyimak teks?
Jawaban:
Cerpen “Lelaki yang Menderita bila Dipuji” karya Ahmad Tohari menarik dan bagus, terutama dari gaya bercerita dan pesan moral yang terkandung di dalamnya. Keengganan Mardanu dipuji orang karena merasa dirinya belum banyak berjuang menyumbangkan hal yang bermanfaat bagi kehidupan.

4. Apa yang paling berkesan bagi kalian setelah selesai menyimak teks?
Jawaban:
Cerpen “Lelaki yang Menderita bila Dipuji” karya Ahmad Tohari mengajak kita menyayangi binatang. Tidak mengurungnya, walaupun dalam sangkar emas. Biarkan burung kutilang itu terbang di alamnya yang bebas, tanpa harus dikerangkeng dalam sangkar.

5. Bagaimana perasaan kalian setelah selesai menyimak teks?
Jawaban :
Setelah menyimak cerpen tersebut perasaan untuk lebih menyayangi binatang timbul, Tidak menyiksa binatang dan membebaskannya karena kita ssama makhluk hidup