Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 149 Kegiatan 1 Bab 5

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk Kelas 11 halaman 149 Pembahasan kali ini kita akan bahas Kegiatan 1 Saksikan dan bandingkan dua pertunjukan drama. yang ada pada buku paket Bahasa Indonesia Halaman 149 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas XI SMA/SMK/MA/MAK. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 5 Mengenal Keberagaman Indonesia lewat Pertunjukan Drama ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Kegiatan 1 Hal 149 Bab 5 Bahasa Indonesia Kls 11
 
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 149 Kegiatan 1 Bab 5

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 149 Kegiatan 1 Bab 5

Kegiatan 1 Saksikan dan bandingkan dua pertunjukan drama.

Soal
Untuk mengukur pemahaman kalian tentang kedua pertunjukan drama tersebut, secara berkelompok terdiri atas 4-5 siswa jawablah pertanyaan- pertanyaan di bawah ini! Gunakan kalimat yang baik dalam menjelaskan jawaban kalian.
 
1. Pertunjukan drama dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tragedi, komedi, atau tragedi komedi. Jika dikategorikan dalam ketiga jenis pertunjukan drama, dua pentas drama yang diputar oleh gurumu termasuk ke dalam jenis yang mana? Berilah penjelasan disertai dengan bukti secukupnya!
Jawaban:
Drama 1 tidak masuk ke kategori mana pun karena tidak ada unsur riang ceria pada drama komedi dan tidak ada unsur sedih pada drama tragedi.
Drama 2 masuk ke kategori komedi karena membawa Punakawan yang selalu lucu dalam penampilannya.

2. Dalam penyajiannya sebuah pertunjukan drama dibagi menjadi dua yaitu drama realis dan simbolik. Bagaimana penyajian kedua pertunjukan drama yang telah kamu saksikan? Beri penjelasan disertai dengan bukti secukupnya!
Jawaban:
Drama 1 yang berjudul “Cinta Itu” masuk ke drama realis karena pemeran menampilkan hal-hal yang benar benr terjadi didunia nyata
Drama 2 masuk kategori simbolik karena membahas wabah oleh Punakawan yang tentu saja tidak ada dalam dunia nyata.

3. Bagaimana tata panggung ditampilkan dalam kedua pertunjukan drama yang kalian saksikan? Apakah properti yang ditampilkan di panggung sudah mendukung cerita secara keseluruhan di setiap babak yang ditampilkan?
Jawaban :
Tata panggung sudah cukup baik dalam memaknai pertunjukkan tersebut, properti yang ditampilkan di panggung sudah mendukung cerita secara keseluruhan.

4. Bandingkan bagaimana pencahayaan atau lighting effect yang digunakan dalam kedua pertunjukan tersebut? Beri penjelasan disertai dengan bukti yang mendukung!
Jawaban:
Pencahayaan yang digunakan dalam pertunjukan 1 lebih banyak digunakan karena terdapat dua latar sedangkan pertunjukan kedua tidak terlalu memainkan pencahayaan karena berada pada satu latar tempat saja.

5. Musik dan sound effect adalah salah satu bagian penting dalam pertunjukan drama. Bandingkan bagaimana unsur musik digunakan dalam kedua pertunjukan tersebut? Beri penjelasan disertai dengan bukti yang mendukung!
Jawaban:
Musik dan sound effect dalam drama tersebut sudah sesuai dan mendukung pementasan drama.

6. Kostum dan tata wajah adalah unsur yang penting dalam pertunjukan drama. Bandingkan bagaimana penggunaan kostum dan tata wajah dari kedua pertunjukan tersebut? Beri penjelasan disertai dengan bukti yang mendukung!
Jawaban:
Kostum dan tata wajah pada drama 'Cinta Itu' dibuat natural karena itu adalah jenis drama realis. Sedangkan kostum dan tata wajah di drama 'Wabah' menggunakan kostum punakawan dengan riasan yang unik.

7. Secara keseluruhan bagaimana perbandingan antara pertunjukan drama A dan pertunjukan drama B? Berikan penjelasan berdasarkan unsur-unsur pembangun pertunjukan drama seperti tokoh, dialog antartokoh tokoh, keterangan lakuan, panggung dan properti yang disiapkan, musik dan sound effect, tata lampu, dan kostum.
Jawaban:
Dua drama yang ditampilkan tersebut sudah terdapat semua aspek pembangun sebuah drama seperti Tokoh, dialog antartokoh, tokoh, keterangan lakuan, panggung dan properti, musik dan sound effect, tata lampu, dan kostum sudah sesuai.