Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 119 Kegiatan 2 Bab 4

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk Kelas 11 halaman 119 Pembahasan kali ini kita akan bahas Kegiatan 2 Menjawab pertanyaan mengenai musikalisasi puisi. yang ada pada buku paket Bahasa Indonesia Halaman 119 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas XI SMA/SMK/MA/MAK. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 4 Menulis Puisi yang Menginspirasikan Adanya Kesempatan untuk Semua ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Kegiatan 2 Hal 119 Bab 4 Bahasa Indonesia Kls 11
 
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 119 Kegiatan 2 Bab 4

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 119 Kegiatan 2 Bab 4

Kegiatan 2 Menjawab pertanyaan mengenai musikalisasi puisi.

Soal
Setelah menyimak musikalisasi puisi pada Kegiatan 1, jawablah pertanyaan berikut secara berkelompok (4-5 siswa).
 
1. Apa sajakah yang perlu dipersiapkan untuk musikalisasi puisi? Jelaskan jawaban kalian.
Jawaban:
Kita perlu memilih puisi, memahami puisi, menentukan alat musik pengiring, menentukan lagu dan irama yang akan digunakan sebagai pengiring, mempersiapkan kostum, dan berlatih.

2. Apakah persamaan dan perbedaan musikalisasi puisi Juara 1 dengan Juara 3 (pilih salah satu dari dua pilihan Juara 3) pada Kegiatan 1?
Jawaban:
  • Persamaan: Keduanya dibawakan oleh 2 orang serta pemain dan pemeran lainnya memakai masker.
  • Perbedaan: Juara 1: musik elektrik, kostum baju daerah, suasana semiformal, nada serius. Juara 3: musik akustik, baju sehari-hari, suasana kasual, nada riang populer.

3. Musik merupakan komponen penting dalam musikalisasi puisi. Dari musikalisasi puisi Juara 1 dan Juara 3 (pilih salah satu dari dua pilihan Juara 3), kelompok mana yang dapat memanfaatkan musik lebih baik? Jelaskan alasan kalian.
Jawaban:
Juara 3 dapat memanfaatkan musik sehingga dapat memberikan suasana puisi yang lebih ringan dan mudah dipahami.