Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 233 - 238 Asesmen Bab 7

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut: Cakap Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA Kelas 11 halaman 233, 234, 235, 236, 237, 238 Pembahasan kali ini kita akan bahas Asesmen yang ada pada buku paket Bahasa Indonesia Halaman 233- 238 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas XI SMA/SMK/MA/MAK. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 7 Mengembangkan Apresiasi Drama Bertema Pendidikan ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Asesmen Hal 233 - 238 Bahasa Indonesia Kls 11
 
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 233, 234, 235, 236, 237, 238 Asesmen Bab 7

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 233, 234, 235, 236, 237, 238 Asesmen Bab 7

Asesmen

Soal dan Jawaban :
I. Bacalah fragmen drama naskah berikut.

II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.
1. Tema drama naskah tersebut adalah …
a. penantian
b. percintaan
c. perjuangan
d. persahabatan
Jawaban:
c. perjuangan

2. Jenis konflik drama naskah tersebut adalah …
a. konflik batin
b. konflik sosial
c. konflik lingkungan
d. konflik masyarakat
Jawaban:
a. konflik batin

3. Pernahkah kalian memiliki pengalaman batin yang sama dengan peristiwa yang ada dalam drama naskah tersebut? Jika pernah, kemukakanlah respons yang mencerminkan pengalaman batin kalian.
Jawaban:
Tidak. Saya tidak pernah memiliki pengalaman batin yang sama dengan peristiwa yang dalam drama naskah tersebut.

4. Apa amanat drama naskah tersebut?
Jawaban:
Perjuangan seorang anak yang akan memulai hidup baru melalui pernihakan. Dia harus rela menyimpan kekecewaannya kepada Ayahnya dalam momentum penting hidupnya.

5. Apa makna yang terkandung dalam drama naskah tersebut? Tuliskan penafsiran makna drama naskah tersebut dengan menggunakan kalimat yang efektif.
Jawaban:
Orang tua seperti Ayah yang seharusnya bertanggung jawab membahagiakan keluarganya terkadang tega melukai perasaan istri dan anaknya.

6. Apa amanat dalam teks drama tersebut dapat kamu nikmati? Mengapa demikian?
Jawaban:
Jadilah Ayah yang bijaksana dan bertanggung jawab.

7. Apakah konflik dalam teks drama tersebut dapat kamu nikmati? Mengapa demikian?
Jawaban:
Ya, konflik dapat dinikmati. Hal tersebut karena konflik drama ini dibangun secara alami seperti layaknya dalam kehidupan nyata.

8. Tulislah hasil evaluasi dialog dan amanat dalam drama naskah tersebut.
Jawaban:
Dialog dan amanat drama ini saling mendukung satu sama lain sehingga membentuk drama yang padu, estetis, dan bermakna.

III. Simaklah drama pentas “Suara-Suara” karya N. Riantiarno dan Sutradara: Budi Ros pada laman YouTube Teater Koma dengan kata kunci pencarian Suara-suara - Teater Koma Pentas Di Sanggar, yang juga bisa diakses melalui kode QR di samping.

1. Setelah menyimak drama pentas tersebut, tulislah peristiwa penting yang terkandung di dalamnya.
Jawaban:
Ketika Heru mendengar suara-suara dari dalam kepalanya tiap sendirian selama 3 bulan dan menceritakan kepada Hamidah, istrinya.
Ketika Heru berbicara dengan dirinya sendiri di alam bawah sadarnya dan berdebat dengan dirinya sendiri versi wanita (Sarindah) mengenai kelakuan Heru di masa lalu yang sering mempermainkan perasaan wanita. Hal ini menjadi penting karena dua hal tersebut menjadi konflik yang disampaikan dalam pementasan drama ini.

2. Tafsirkan makna drama pentas tersebut. Lalu, tulislah hasil tafsiran kalian dengan kalimat yang efektif.
Jawaban:
Drama ini berisi tentang Heru yang merasa gelisah dan belum berdamai dengan masa lalunya sehingga Heru sering merasa mendengar hal-hal yang berkaitan dengan masa lalunya. Heru tidak merasa menyakiti hati mantan-mantan pacarnya meskipun telah mempermainkan hati mereka. Heru yang telah berdialog dengan dirinya sendiri akhirnya tersadar atas kesalahannya dan berusaha untuk jujur kepada istri yang dicintainya.

3. Bagian mana dari drama pentas tersebut yang kalian hargai karena menarik perhatian?
Jawaban:
Dialog antara Heru dan dirinya yang lain (Sarindah). Hal ini menjadi menarik karena dalam dialog ini Heru akhirnya dapat menyadari kesalahannya dan dapat berdamai dengan dirinya sendiri.

4. Evaluasilah dialog dan latar drama pentas tersebut. Lalu, tulislah hasil evaluasi kalian dengan kalimat yang efektif.
Jawaban:
Dialog dalam drama pentas ini sangat sederhana, menggunakan bahasa yang ringan dan sangat mudah dimengerti oleh penonton sehingga dengan sangat mudah penonton dapat mengerti dan mendapatkan pelajaran dari apa yang dipentaskan.
Latar drama pentas ini menarik dan tepat sehingga penonton juga bisa mengetahui di mana saja tempat terjadinya peristiwa-peristiwa dalam drama pentas tersebut.