Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 106 - 107 Kegiatan 2 Bab 4

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk Kelas 11 halaman 106 - 107 Pembahasan kali ini kita akan bahas Kegiatan 2 Menjawab pertanyaan berdasarkan puisi “Aku Ingin” karya Sapardi Djoko Damono. yang ada pada buku paket Bahasa Indonesia Halaman 106 - 107 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas XI SMA/SMK/MA/MAK. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 4 Menulis Puisi yang Menginspirasikan Adanya Kesempatan untuk Semua ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Kegiatan 2 Hal 106 - 107 Bab 4 Bahasa Indonesia Kls 11
 
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 106 - 107 Kegiatan 2 Bab 4

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 106 - 107 Kegiatan 2 Bab 4

Kegiatan 2 Menjawab pertanyaan berdasarkan puisi “Aku Ingin” karya Sapardi Djoko Damono.

Soal
Buatlah kelompok dengan 2-3 kawan kalian untuk membahas unsur- unsur puisi di atas. Puisi “Aku Ingin” karya Sapardi Djoko Damono akan digunakan untuk pembahasan ini. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini.
 
1. Berdasarkan puisi di atas terdapat kutipan: “Aku ingin mencintaimu dengan sederhana”. Penulis menggunakan kata-kata yang dipakai dalam bahasa sehari-hari. Menurut kalian, apakah maksud penulis dengan kalimat itu dalam konteks puisi di atas?
Jawaban:
Keinginan penulis untuk mencintai dengan membawa kebaikan bersama.

2. Temukan kata konkret pada puisi “Aku ingin” karya Sapardi Djoko Damono.
Jawaban:
Kata konkret yang terdapat pada puisi tersebut antara lain kayu, api, abu, awan, dan hujan.

3. Pada kutipan “kayu kepada api yang menjadikannya abu”, pengimajian apakah yang kalian dapatkan? Berikan penjelasan mengenai hal itu.
Jawaban:
Pengimajian yang didapat adalah penglihatan karena kayu, api, dan abu adalah kata konkret yang bisa dilihat dan berwujud. Walau begitu, makna yang terkandung di dalam kutipan tersebut tidak bisa diartikan secara harfiah.

4. Sebutkan satu gaya bahasa kiasan (majas) yang digunakan dalam puisi tersebut. Jelaskan alasan kalian.
Jawaban:
Majas personifikasi kerena kata “kayu” dianggap bisa mengucapkan seperti manusia.