Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 131 - 132 Kegiatan 1 Bab 5

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk Kelas 11 halaman 131 Pembahasan kali ini kita akan bahas Kegiatan 1 Saksikan pertunjukan drama berjudul “Sekadar Imajinasi” oleh Teater Koma. yang ada pada buku paket Bahasa Indonesia Halaman 131 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas XI SMA/SMK/MA/MAK. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 5 Mengenal Keberagaman Indonesia lewat Pertunjukan Drama ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Kegiatan 2 Hal 131 - 132 Bab 5 Bahasa Indonesia Kls 11
 
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 131 - 132 Kegiatan 1 Bab 5

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 131 - 132 Kegiatan 1 Bab 5

Kegiatan 1 Saksikan pertunjukan drama berjudul “Sekadar Imajinasi” oleh Teater Koma.

Soal
Untuk mengenal lebih dekat seperti apa pertunjukan drama, saksikanlah pertunjukan drama berikut ini! Kemudian, jawablah pertanyaan-pertanyaan berdasarkan pertunjukan tersebut.
 
Berdasarkan pertunjukan drama yang telah kalian saksikan tersebut, secara berkelompok terdiri atas 4-5 siswa jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan menggunakan kalimat yang baik!

1. Terdapat berapa latar tempat dalam pementasan drama tersebut? Jelaskan disertai dengan bukti.
Jawaban :  
Terdapat Dua latar tempat yaitu pengadilan dan rumah terdakwa.
Buktinya pada latar pengadilan terdapat suasana persidangan dengan tokohnya adalah hakim, terdakwa, saksi, dan dua orang pengawal. Sedangkan Latar tempat yang kedua adalah di rumah terdakwa buktinya ada latar ruang tamu dan adegan istri terdakwa menerima tamu yaitu teman terdakwa.

2. Terdapat berapa babak pertunjukan drama yang telah kalian saksikan tersebut? Jelaskan dan berikan buktinya!
Jawaban :
Dalam drama “Sekadar Imajinasi”, terdapat dua babak pertunjukan. Babak pertama adalah di ruang sidang dan babak kedua adalah di rumah terdakwa.

3. Identifikasilah mana bagian yang disebut prolog, dialog, dan epilog pada pertunjukan drama tersebut!
Jawaban :
Bagian prolog adalah saat menyebutkan “sekadar imajinasi” saat terdakwa memasuki ruangan. Tahap dialog berupa konflik ketika terdakwa mendapat tuduhan dari hakim telah membuat 2 orang saksi mati. Tahap epilog adalah tahap penutup yang berisi ucapan “sekadar imajinasi” dan terdakwa serta istrinya duduk di ruang tamu.

4. Siapakah tokoh utama dan siapa saja peran pendukung dalam pentas drama tersebut?Berikan alasan dan bukti yang mendukung!
Jawaban :
Tokoh utama pada pertunjukkan tersebut adalah Terdakwa yang sedang menjalani persidangan hingga menjalani kejadian di rumahnya.
Tokoh pendukung adalah seperti hakim, saksi, istri terdakwa, dan sahabat terdakwa. Keempat tokoh tidak menjadi pusat cerita, tetapi menjelaskan bagaimana konflik berjalan.

5. Dari pentas tersebut, identifikasilah mana tokoh yang punya perwatakan baik, jahat, dan campuran! Berikan bukti yang mendukung jawabanmu!
Jawaban :
Tokoh yang baik seperti terdakwa dan istrinya. Dia mengalami depresi karena sifatnya terlalu lembut yang tidak bisa mengingkari bahwa dia telah berbuat salah ketika melakukan korupsi. Tokoh yang jahat adalah sahabat terdakwa yang mengatakan, “anggap saja kematian orang itu sekadar imajinasi dan tidak terjadi sungguh-sungguh.” Perwatakan yang tidak terlalu jelas apakah dia jahat atau baik seperti saksi dan hakim ketua.

6. Apakah terdakwa dalam sidang pengadilan mengakui apa yang dituduhkan oleh Hakim Ketua? Tunjukkan dialog manakah yang menunjukkan hal tersebut!
Jawaban :
Terdakwa tidak mengakui apa yang telah dituduhkannya. Buktinya saat terdakwa mengatakan bahwa dirinya adalah penulis novel dan saksi-saksi yang dihadirkan adalah tokoh dalam novel yang dibuatnya.

7. Apa sebenarnya yang dilakukan oleh terdakwa sehingga dijatuhi hukuman tiga bulan penjara? Bagaimana tanggapan sahabat tokoh tentang waktu hukuman yang hanya tiga bulan tersebut?
Jawaban :
Terdakwa melakukan korupsi bersama teman-temannya 1 triliun dan dia mendapat bagian 100 miliar. Hukuman 3 bulan, tanggapan sahabat terdakwa itu ringan dan tidak berat.

8. Menurut kalian, apakah hukuman tiga bulan itu merupakan hukuman yang setimpal bagi pelaku korupsi yang 100 miliar?
Jawaban :
Tidak setimpal apalagi hukuman tersebut juga dipotong dua bulan karena terdakwa dianggap berperilaku baik selama di tahanan, alngkah baiknya jika pelaku korupsi diberikan hukuman yang lebih lama agar pelaku jera dan menyesali perbuatannya dan tidak akan melakukan tindakan ittu lagi.

9. Berikan penjelasan kalian mengapa pentas drama tersebut diberi judul “Sekadar Imajinasi”? Berikan alasan yang mendukung jawabanmu.
Jawaban :
Pentas pertunjukan drama diberi judul “Sekadar Imajinasi” karena ketika si tokoh utama melakukan menjadi terdakwa atas kasus korupsi dan membuatny depresi agar tidak terbebani sahabatnya mengatakan kepadanya agar itu dibuat seperti imajinasi

10. Tuliskan satu amanat yang bisa kalian tarik dari pertunjukan drama tersebut dan berikan alasan serta bukti yang mendukung.
Jawaban :
Amanat yang bisa diambil adalah jangan melakukan kejahatan korupsi sekecil apapun karena itu akan melanggar norma dan hukum yang berlaku.